Breaking News:

Terkini Internasional

ANDA Pesaing Serius Kami! Joe Biden Peringatkan Xi Jinping Bersiap Menyantap Makan Siang Amerika

Joe Biden menyebut China sebagai pesaing paling serius bagi Amerika dan berjanji untuk "mengungguli" Beijing.

Editor: Benny Dasman
Istimewa
Joe Biden dan Xi Jinping Artikel ini telah tayang di tribunmanado.co.id dengan judul Joe Biden Peringatkan Xi Jinping Bersiap Menyantap Makan Siang Amerika: Pesaing Serius, https://manado.tribunnews.com/2021/02/13/joe-biden-peringatkan-xi-jinping-bersiap-menyantap-makan-siang-amerika-pesaing-serius?page=3. Editor: Rhendi Umar 

POS KUPANG, COM  - Isu perselisihan besar kembali terjadi antara Presiden AS Joe Biden dan mitranya dari China Xi Jinping.

Baru-baru ini melakukan panggilan telepon pertama mereka sebagai pemimpin.

Melansir Reuters, saat Xi Jinping menyerukan kerja sama yang saling menguntungkan atawa "win-win", Joe Biden menyebut China sebagai pesaing paling serius bagi Amerika dan berjanji untuk "mengungguli" Beijing.

Pada hari Kamis (11/2/2021), Joe Biden mengatakan kepada kelompok bipartisan senator AS pada pertemuan tentang perlunya meningkatkan infrastruktur AS, di mana Amerika Serikat harus meningkatkan permainannya dalam menghadapi tantangan China.

Joe Biden mengatakan dia telah berbicara dengan Xi Jinping selama dua jam pada Rabu malam dan memperingatkan para senator:

"Jika kita tidak bergerak, mereka akan memakan makan siang kita."

Joe Biden menambahkan, “Mereka menginvestasikan miliaran dolar untuk menangani berbagai macam masalah yang berkaitan dengan transportasi, lingkungan, dan berbagai hal lainnya. Kita harus maju.”

Reuters memberitakan, berdasarkan pernyataan Gedung Putih, Joe Biden menekankan kepada Xi Jinping bahwa AS memprioritaskan untuk melestarikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, wilayah di mana Amerika Serikat dan China merupakan saingan strategis utama.

Dia juga menyuarakan keprihatinan "mendasar" tentang praktik perdagangan koersif dan tidak adil di Beijing, serta tentang masalah hak asasi manusia, termasuk tindakan keras China di Hong Kong dan perlakuan terhadap Muslim di Xinjiang, dan tindakannya yang semakin tegas di Asia, termasuk terhadap Taiwan.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden juga menyatakan keprihatinannya tentang kurangnya transparansi China atas virus corona.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved