Breaking News:

Bupati  Dapawole Peringatkan Kades Jangan Jadi 'Raja Kecil' Kelolah Dana Desa

Kecamatan Kota Waikabubak khususnya dan Sumba Barat umumnya agar jangan menjadi "raja kecil" mengelolah dana desa.

POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Foto Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole membuka kegiatan musrenbang Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat di aula kantor Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat, Senin (8/2/2021)  

Ketika Membuka Musrenbang Kecamatan Kota Waikabubak, Bupati  Dapawole Peringatkan Kades Jangan Jadi 'Raja Kecil' Kelolah Dana Desa

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK--Bupati Kabupaten Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole memperingatkan para kepala desa se-Kecamatan Kota Waikabubak khususnya dan Sumba Barat umumnya agar jangan menjadi "raja kecil" mengelolah dana desa.

Uang desa itu adalah uang  negara yang setiap pengeluarannya harus tercatat dengan baik, peruntukan harus jelas dan bukan menggunakan dana desa untuk mengurus kepentingan pribadi.

'Saya mendapat laporan masyarakat,  ada kepala desa menggunakan dana desa untuk mengurus kepentingan pribadi. Kepala desa jangan sok hebat, salah kelolah dana desa berurusan dengan aparat penegak hukum. Selaku  bupati, saya tidak campur tangan urusan penegakan hukum. Urusan hukum adalah tanggungjawab pribadi masing-masing kepala desa," kata Bupati Drs.Agustinus Niga Dapawole dalam arahannya ketika membuka musrenbang tingkat kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat di aula kantor Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat, Senin (8/2/2021).

Menurutnya, setiap tahun anggaran baru, rata-rata setiap desa mengelolah dana miliran rupiah. Dana tersebut tergolong cukup besar dan  harus memberi perubahan pembangunan di desa.

Karena itu dalam membuat rencana kegiatan desa harus berdasarkan kebutuhan rakyat desa  dan bukan berdasarkan keinginan kepala desa. Dengan demikian anggaran pembangunan desa terukur baik karena berjalan sesuai rencana yang ditetapkan.

Ustman Minta Pemerintah Segera Normalisasi Wae Mbaling dan Wae Tiwu Roang di Manggarai Timur

Ciptakan Situasi Kondusif, Babinsa 1604-06/Batakte Nekamese Bantu Masyarakat 

Dalam kesempatan itu, Bupati Niga Dapawole juga meminta para kepala desa, lurah dan camat harus tetap menjaga suasana Sumba Barat tetap kondusif demi mendukung pembangunan Sumba  Barat ke depan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM , Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved