Breaking News:

Penanganan Covid

Hari Ini Vaksin Covid-19 Untuk Kabupaten Manggarai Tiba di Ruteng

Hari ini Vaksin Covid-19 untuk jatah Kabupaten Manggarai tiba di Ruteng.

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Manggarai saat tiba di Labuan Bajo. 

POS-KUPANG.COM | RUTENG---Hari ini Vaksin Covid-19 untuk jatah Kabupaten Manggarai tiba di Ruteng.

"Kami informasikan, Hari ini Minggu, 31 Januari 2021 pukul 14.00 jatah Vaksin Kabupaten Manggarai dengan Jumlah 4.600 Flakon, tiba di Ruteng, tepatnya Gudang Farmasi, Dinkes Kabupaten Manggarai di Tuke,"kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lody Moa, kepada wartawan, Minggu (31/1/2021).

Lody menjelaskan, vaksin Covid-19 saat ini sudah tiba di Labuan Bajo dikirim dari Kupang menggunakan pesawat melalui bandara Komodo Labuan Bajo dan saat ini sudah dalam perjalanan menuju Ruteng.

Baca juga: Update Covid-19 NTT : Nyaris Tembus Angka 5 Ribu Kasus

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus, juga kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, sesuai surat dari Kemenkes RI No. SR.02.06/11/80/2021 tanggal 8 Januari 2021, alokasi vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Manggarai sebanyak 4.320 dosis.

Nobertus juga menjelaskan, jumlah dosis vaksin untuk Kabupaten Manggarai berdasarkan surat Kemenkes alokasinya 4.320. Namun yang pasti pihaknya tunggu jumlah vaksin yang masuk hari ini.

Baca juga: Kunjungan 10 Taman Nasional 2020: Taman Nasional Komodo Melorot

Nobertus juga menjelaskan, berdasarkan rencana pihaknya, mulai Selasa tanggal 2 Februari 2021, pihaknya akan menggelar rapat internal di Dinkes untuk membahas persiapan vaksinasi antara lain tentang, tenaga, tempat dan soal teknis lainnya. Sehingga hasil rapat internal itu yang akan dilaporkan ke Bupati atau Satgas Covid-19, dan pelaksanaan vaksinasi berdasarkan hasil laporan pihaknya ke Bupati atau gugus tugas.

"Jadi pelaksanaan menunggu hasil laporan atau konsultasi kami kepada bapak Bupati atau gugus tugas,"jelas Nobertus.

Lanjut Nobertus, mengacu kepada surar Kemenkes tersebut, untuk meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan dan kehalalan vaksin pelaksanaan vaksin akan didahului dengan pemberian kepada 10 orang pimpinan dan tokoh daerah seperti Bupati, Kapolres, Dandim, Pimpinan DPRD, Tokoh Agama, Kadinkes, Dirut RSUD, Pengurus Asosiasi, Tenaga Kesehatan seperti Ketua IDI, ketua PPNI, Ketua IbI dan lain-lain dan nanti pihaknya akan menghubungi satu persatu.

Nobertus juga menjelaskan, sesuai ketentuan yang pernah diminta dari Kementerian Kesehatan melalui Dinkes Provindi NTT dari Dinkes 5 orang dan setiap Puskesmas 6 orang dari 23 Puskesmas dengan jumlah vaksinator sebanyak 143 orang. Nama-nama vaksinator tersebut sudah dikirim ke Kemenkes melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTT di Kupang.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved