Breaking News:

Penanganan Covid

Wagub Josef Nae Soi Tentang Kasus Covid-19 NTT : Ini Sudah Tanggap Darurat

Kata Wagub NTT Josef Nae Soi tentang kasus Covid-19 NTT : ini sudah Tanggap darurat

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Wagub NTT Josef Adrianus Nae Soi menemui para tenaga kesehatan yang menunggui jenazah rekan mereka yang terpapar Covid-19 saat memantau penanganan pasien Covid 19 di RS sK Lerik Kota Kupang, Kamis (28/1/2021) 

Kata Wagub NTT Josef Nae Soi tentang kasus Covid-19 NTT : ini sudah Tanggap darurat

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Peningkatan kasus positif Covid-19 secara drastis di Provinsi NTT menjadi perhatian serius pemerintah provinsi. Dalam sebulan terakhir, terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 secara masif.

Kasus aktif dalam satu bulan terakhir meningkat 2 kali lipat dari total seluruh kasus pada akhir Desember 2020. Terhitung sebanyak 45,9 persen kasus positif Covid-19 itu muncul pada Januari 2021.

Gugus Tugas Pencegahan dan penanganan Covid-19 Provinsi NTT merilis total positif mencapai 4.668 kasus pada Rabu (27/1). Dari jumlah itu, sebanyak 2.246 dinyatakan sembuh dan 130 orang meninggal dunia. Sementara 2.292 masih menjalani perawatan dan karantina.

Baca juga: 3 Bulan Terakhir, Satlantas Polres Mabar Tangani 17 Kasus Lakalantas

Wagub NTT Josef Adrianus Nae Soi menyebut kondisi tersebut sudah berada pada level tanggap darurat. "Ini sudah tanggap darurat," ujar Wagub Nae Soi kepada wartawan usai memantau penanganan pasien kasus Covid-19 di RS SK Lerik Kota Kupang pada Kamis (28/1) pagi.

Dalam kondisi yang disebutnya sebagai masa transisi ini, maka keselamatan manusia harus diletakkan di atas segalanya. "Masa transisi ini maka keselamatan manusia diatas segalanya, salus populi suprema Lex," kata dia.

Baca juga: Pemprov Harap 20 Kabupaten di NTT Segera Lakukan Vaksinasi Tahap Pertama

Ia mengatakan, dengan kematian satu tenaga kesehatan di RS SK Lerik akibat terpapar Covid-19 pada Kamis (28/1) pagi, maka perhatian dan perlindungan terhadap para tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan harus dilakukan secara serius.

"Saya akan bicara dengan wali kota (Wali Kota Kupang) agar tenaga kesehatan diberikan vitamin yang cukup tinggi, perhatian yang cukup dan insentif mereka harus lancar," ujarnya.

Saat berada di RS SK Lerik Kota Kupang, selain melakukan pemantauan perawatan pasien positif Covid-19 di ruang isolasi, Wagub Nae Soi juga melayat seorang tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit itu yang meninggal akibat Covid-19.

Wagub juga menyempatkan untuk menemui para tenaga kesehatan yang berduka akibat kematian rekan mereka di depan lobi rumah sakit. Saat menemui mereka, Wagub Nae Soi memberi penghiburan dan semangat.

Halaman
1234
Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved