Breaking News:

Patok Batas Negara RI-RDTL di Wilayah Pos Turiskain Kondisi Baik

Personel Pos Turiskain Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB melakukan patroli patok batas

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Personel Pos Turiskain Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB bersama polisi dalam patroli bersama mengecek kondisi patok batas negara RI-RDTL, Jumat (29/1/2021). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Personel Pos Turiskain Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB melakukan patroli patok batas, Jumat (28/1/2021). Patroli itu dilakukan bersama dengan kepolisian sebagai wujud sinergitas dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Hasil patroli tersebut, seluruh patok batas negara yang menjadi tanggungjawab Pos Turiskain dalam kondisi baik. Satgas Pamtas sering khawatir patok batas rusak atau hilang akibat faktor alam seperti banjir atau longsor. Pasalnya, potensi patok hilang atau rusak itu selain karena ulah manusia juga karena faktor alam. Apalagi saat ini intensitas hujan sangat tinggi.

Baca juga: Ruang Kerjanya Disegel Begini Tanggapan Ketua DPRD TTU, Hendrik F Bana

Hal ini disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol (Inf) Alfat Denny Andrian kepada wartawan, Jumat (29/1/2021). Menurut Dansatgas, personel Satgas Pamtas yang berada di pos pos rutin melakukan patroli patok batas meski cuaca kurang bersahabat karena hujan, angin kencang bahkan banjir.

Kendati demikian, personel tetap melakukan patroli patok secara rutin. Patroli bertujuan mengecek dan memastikan kondisi patok Batas Negara seperti CBDRF, BSP dan PBN.

Baca juga: KRI Escolar-871 Perkuat Lantamal VII Kupang: Aribawa Harap Lincah Seperti Ikan Escolar

Hal-hal yang dicek adalah keutuhan patok, letaknya serta kondisi lain misalnya, rusak atau hilang akibat ulah manusia atau faktor alam misalnya, terbawa banjir atau longsor.

Khusus di wilayah Pos Turiskain, kata Dansatgas semua patok batas dalam kondisi baik. Hal itu sesuai laporan Danpos Turiskain setelah melakukan patroli bersama unsur kepolisian.

"Dari hasil laporan Pos Turiskain bahwa pengecekan patok bersama dengan pihak Kepolisian sektor pos Turiskain berjalan dengan aman dan terkendali. Semua patok dalam kondisi baik", ungkap Dansatgas.

Menurut Dansatgas, patroli bersama polisi ini sebagai wujud soliditas dan sinergitas TNI dan Polri dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.
"Kegiatan patroli dilakukan bersama dengan kepolisian sektor pos Turiskain sebagai wujud soliditas dan sinergitas",

Anggota Polres Belu, Bripka Yosua Aprianto yang ikut dalam patroli mengungkapkan, patroli bersama ini sangat bagus dalam menjaga sinergitas TNI dan Polri. Kegiatan semacam ini sering dilakukan oleh satgas yang pernah bertugas di Sektor Timur.

"Ini sangat baik kita lakukan, selain menjaga sinergitas TNI-Polri tentu melalui kegiatan patroli bersama ini kita bisa menjaga perbatasan dengan baik", ujar Yosua. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved