Breaking News:

Penanganan Covid

Akhir Januari Vaksin Tiba di Sumba Timur

Akhir Bulan Januari 2021 Vaksin Covid-19 dijadwalkan akan tiba di Kabupaten Sumba Timur

POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur,Tinus Ndjurumbaha,S.KM 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Akhir Bulan Januari 2021 Vaksin Covid-19 dijadwalkan akan tiba di Kabupaten Sumba Timur. Karena itu, pelaksanaan vaksin diperkirakan awal Februari mendatang.

Hal ini disampaikan Plh. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, S.KM , Kamis (21/1/2021).

Menurut Tinus, sesuai informasi yang diperoleh bahwa distribusi vaksin Covid-19 untuk Sumba Timur diperkirakan pada akhir bulan Januari.

Baca juga: Berbekal Masker dan Sarung Tangan, Masyarakat Oebaki Bantu Penguburan Jenazah Covid-19

"Vaksin untuk kita belum dikirim, informasinya bahwa baru akan dikirim pada minggu ketiga atau minggu keempat Januari 2021," kata Tinus.

Dijelaskan, jika vaksin sudah tiba maka pelaksanaan vaksin akan segera dilaunching, yang diawali dengan pemberian vaksin kepada 10 pejabat daerah atau Forkopimda Sumba Timur, kemudian baru kepada tenaga kesehatan.

Baca juga: Pemda Ngada Bahas Singkronisasi Rancangan Teknokratik RPJMD dengan Wakil Bupati Terpilih

"Saat ini kita masih menunggu saja, kapan vaksin tiba,maka kita langsung lakukan vaksinasi. Semua persiapan telah kita lakukan," katanya.

Tinus mengatakan, persiapan sudah dilakukan baik tenaga di puskesmas dan vaksinator. Selain itu, untuk tempat penyimpanan vaksin juga telah disediakan.

"Kami juga sedang lakukan simulasi pelaksanaan vaksin. Simulasi ini diikuti oleh tenaga vaksinator di lapangan," katanya.

Sedangkan soal sasaran vaksin, Tinus mengatakan, sasaran vaksin selain tenaga kesehatan, yakni masyarakat Sumba Timur dengan jumlah sasaran sebanyak 135.936 orang. Jumlah itu adalah masyarakat dengan kategori usia 18 - 59 tahun.

"Jadi total sasaran masyarakat yang akan divaksin 135.936 orang. Sedangkan untuk tenaga kesehatan ada 1.191 orang," kata Tinus.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved