Breaking News:

Info Kesehatan

Wajib Tahu Gejala Perimenopause Fase Transisi Sebelum Menopause, Lakukan Hal Ini Bila Menganggu

makanan dalam konsumsi harian yang berasal dari kedelai, tempe, tahu, tofu yang diduga membuat gejala menopause

Jika mengalami perimenopause, redakan dengan deretan hal ini 

Wajib Tahu  Gejala Perimenopause Fase Transisi Sebelum Menopause, Lakukan Hal Ini Bila Menganggu

POS-KUPANG.COM--Perimenopause, penurunan alami pada hormon reproduksi ketika seorang wanita mencapai usia 40-an atau 50-an.

Gejala umum mencakup sensasi semburan panas dan kekeringan vagina. Mungkin juga ada gangguan tidur.

Kombinasi gejala ini dapat menyebabkan kecemasan atau depresi.

Berhentinya siklus haid atau dikenal sebagai menopause, ditandai berhentinya haid selama 12 bulan.

Artinya, bila wanita telah sama sekali tidak mendapatkan haid sekurangnya 12 bulan, wanita tersebut sudah dinyatakan menopause.

Usia menjadi faktor wanita mengalami menopause. Data statistik, usia wanita yang mengalami menopause antara 45-55 tahun, rata-rata 50,7 tahun atau 51 tahun.

Penelitian tahun 2016, usia rata-rata wanita Indonesia yang mengalami menopause antara 48-49 tahun.

“Usia wanita mengalami menopause tidak bisa ditentukan pasti. Tapi bisa diprediksi dari garis keturunan ibu, nenek, atau kakak kandung perempuan tersebut. Kalau ibu mengalami menopause 50 tahun, kemungkinan besar diusia tersebut si anak mengalami menopause. Walaupun ada faktor lain yang berperan juga,” ujar dokter spesialis obstetri dan ginekologi Dr.dr. Anita Rachmawati, SpOG (K) saat talkshow di Radio Kesehatan dengan tema ‘Mengenal Tanda-Tanda Menopause Pada Wanita’, Senin (19/10/2020).

Faktor lain yang bisa mempercepat terjadinya menopause, diantaranya ada operasi pengangkatan indung telur, terapi kanker (raditerapi dan kemoterapi), gaya hidup perokok berat, dan minum alkohol. Kondisi ini disebut menopause dini.

Sebelum terjadinya menopause, ada masa perimenopause atau periode transisi. Rentangnya ternyata cukup panjang antara 2-8 tahun, rata-rata 5 tahun. Pada periode tersebut, terdapat gangguan gejala haid. Siklus haid jadi tidak teratur, jumlah haid sedikit atau jadi banyak, siklus haid tidak teratur tapi bisa teratur lagi.

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved