Breaking News:

Sekda Manggarai Jahang Fansi Aldus Positif Swab Rapid Antigen, Begini Penjelasan Satgas Covid-19!

salah satunya dengan meningkatkan jumlah Testing terhadap warga masyarakat yang pernah melakukan kontak erat

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Sekda Manggarai Drs Jahang Fansi Aldus 

Sekda Manggarai Jahang Fansi Aldus Positif Swab Rapid Antigen, Begini Penjelasan Satgas Covid-19!

POS-KUPANG.COM | RUTENG--Sekertaris Daerah (Sekda) Manggarai, Drs Jahang Fansi Aldus, terkonfirmasi hasil Swab Test Rapid Antigen positif. Karena positif Swab Rapid Antigen Sekda Fansi kini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lody Moa, menyampaikan itu dalam rilis kepada wartawan, Minggu (17/1/2021) siang.

Dijelaskan Lody, Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, secara periodik dan masif terus melakukan giat pencarian dan penelusuran kontak kasus, demi memutus mata rantai penularan serta penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan jumlah Testing terhadap warga masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

Testing dimaksud, jelas Lody, menggunakan Swab Test Rapid Antigen. Tak terkecuali, Sekda Manggarai, Jahang Fansi Aldus juga bersama istri dan anak-anaknya juga melakukan Swab Test Rapid Antigen dan hasilnya Sekda Fansi positif Swab Test Rapid Antigen, sedangkan istri dan anak-anaknya hasilnya negatif.

"hari Sabtu 16 Januari 2021, Sekda Kabupaten Manggarai, Bapak Fansy Jahang dan Ibu Sekda, ibu Yustina Jahang dan Anak-Anak, melakukan Pemeriksaan SWAB Rapid Antigen di Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Hasil Pemeriksaan SWAB Rapid Antigen, Sekda Kabupaten Manggarai Bpk Fansy Jahang dinyatakan Positif Covid-19. Sementara hasil pemeriksaan Swab Rapid Antigen terhadap Ibu Sekda beserta Anak-Anak dengan hasil negatif,"jelas Lody.

Lody mengatakan, Sekda Fansi, mengikuti Prokes dengan melakukan karantina mandiri di rumah. "Untuk diketahui, seminggu terakhir, Sekda Kabupaten Manggarai Bpk Fansy Jahang, mengalami sakit flu, dan gangguan lambung, beliau sedang dalam pengawasan (proses perawatan dan pengobatan dokter),"ungkap Lody.

Sebelumnya, Sabtu (16/1/2021), Lody ketika dihubungi POS-KUPANG.COM, juga mengatakan, Asisten Administrasi Umum Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Manggarai, Fransiskus Kakang, juga terkonfirmasi positif Swab Test Rapid Antigen

Lody juga mengatakan, bagi Keluarga dan masyarakat yang pernah melakukan kontak erat denganbpasien yang terkonfirmasi Covid-19, diminta kesadarannya untuk segera 1x24 jam melaporkan diri kepada petugas Satgas Covid-19 untuk dilakukan pemeriksaan Rapid antigen dan Test PCR. 

Dengan mempertimbangkan adanya trend Peningkatan Jumlah Kasus Covid-19 yang signifikan di Kabupaten Manggarai, kata Lody, Tim Satuan Tugas Covid-19 bekerja cepat, dan terus melakukan giat Pengendalian, giat Pencegahan, giat penegakan Hukum dan Disiplin Prokes kepada masyarakat, serta secara periodik melakukan sosialisasi serta pendidikan Kesehatan kepada seluruh warga masyarakat.

Selain itu, melakukan penelusuran kontak kasus, penapisan, pemeriksaan Rapid Test, Rapid Antigen, pemeriksaan PCR bagi warga yang pernah melakukan kontak erat dengan Pasien yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

Lody juga mengimbau, peran serta aktif seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab dirinya dalam mematuhi setiap Protokol Kesehatan antara lain Wajib Pakai Masker, sering Cuci Tangan pakai Sabun dan menggunakan hand Sanitizer, menjaga Jarak, menghindari Kerumunan, Menghindari rangkaian kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, seperti kegiatan Pesta dan acara Adat yang berpotensi menularkan Covid-19. 

Bagi Pelaku Perjalanan diminta untuk wajib melaporkan serta melakukan Isolasi secara mandiri, Wajib Rapid Test dan Swab Test. Kepedulian, kesadaran, kewaspadaan, kepatuhan, dan disiplin masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan serta mengikuti pola hidup bersih dan sehat demi masyarakat Kabupaten Manggarai yang bebas dari Covid-19 adalah tanggung jawab  bersama.

Baca juga: McDonalds 17 Januari 2021, Promo Terbaru Menu Eksklusif McD Hojicha McFlurry Oreo Beli 1 Gratis 1

Baca juga: Air di Deker Koro Desa Wairbleler Meluap, Banjir Masuk ke Jalan Trans Flores, Ini Laporannya

Baca juga: Begini Tata Cara, Niat, Waktu dan Doa Setelah Sholat Hajat Agar Keinginanmu Dikabulkan Allah SWT

Baca juga: Penghuni Rujab Bupati Matim dan Warga Kontak Erat Dengan Bupati Agas Dirapid, Begini Hasilnya

"Mari bersama menurunkan laju peningkatan jumlah Kasus Covid-19 di Kabupaten Manggarai, agar bahaya dan penularan Covid-19 bisa teratasi, bersama kita pasti bisa,"pungkas Lody. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved