Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Kamis 14 Januari 2021: INTENSI SYUKUR

Cukup sering saat mau misa, imam disodori daftar intensi untuk didoakan. Ada beragam intensinya, di antaranya intensi syukur.

Foto Pribadi
Pater Steph Tupeng Witin SVD 

Renungan Harian Katolik, Kamis 14 Januari 2021: INTENSI SYUKUR (Markus 1:40-45)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Cukup sering saat mau misa, imam disodori daftar intensi untuk didoakan. Ada beragam intensinya, di antaranya intensi syukur.

Sebagai contoh: syukur atas kesehatan, lulus test, lancarnya upacara perkawinan, dan sebagainya.

Rupanya praktek bersyukur yang dituangkan dalam intensi untuk didoakan dalam misa sudah menjadi hal yang biasa. Ini ungkapan iman kepada Tuhan Sang Pemberi berkat.

Kita memang harus tahu bersyukur. Tuhan tidak menuntut dan memberi perintah. Tapi sikap dan tindakan itu harus muncul dari kesadaran diri.

Kita ingat cerita tentang penyembuhan kesepuluh orang kusta dalam injil Lukas. Yesus hanya beri perintah, "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam".

Namun ketika mendapati hanya seorang yang kembali kepada-Nya dan memuliakan Allah, Yesus berkata: "Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu? Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?" (Lihat Luk 17:11-19).

Berarti Yesus menyoroti kesadaran untuk bersyukur yang semestinya ada dalam diri orang yang telah mendapat berkat.

Hal yang sama diperlihatkan Yesus sebagaimana diceritakan penginjil Markus dalam kisah penyembuhan seorang yang sakit kusta. Setelah Yesus mengulurkan tangan-Nya dan melenyapkan penyakit kusta orang itu, Ia hanya beri peringatan ini: "Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapa pun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka" (Mrk 1:44).

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved