Breaking News:

Kepalai Dinas LHK, Orson Nawa : Kita Siapkan Ide Kreatif Tangani Persoalan Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Orson Nawa tengah menyiapkan strategi mengatasi persoalan sampah

POS KUPANG. COM /IRA --
ORSON NAWA 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan yang belum lama ini dilantik menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Orson Nawa tengah menyiapkan strategi dan terobosan-terobosan baru untuk mengatasi persoalan sampah di kota ini.

Setelah acara serah terima jabatan, dirinya akan memulai dengan melakukan rapat internal bersama semua staf yang ada di Dinas LKH Kota Kupang.

Orson mengatakan dirinya akan melakukan rapat dan melihat kekuatan yang ada pada Dinas LHK. Seperti berapa jumlah armada, jumlah tenaga dan mengkaji berapa banyak sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dalam sehari.

Baca juga: Pohon Cendana di Bekas Kantor Bupati TTS Bukan Dicuri Tapi Diamankan

"Kemudian barulah akan dilihat strategi apa yang tepat untuk digunakan dalam upaya mengatasi sampah," tuturnya.

Lanjutnya, jika saatnya petugas yang mengangkut sampah hanya bertugas di pagi hari saja, maka akan diberikan jadwal dapat bertugas pagi dan sore. Agar sampah yang ada di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di lingkungan masyarakat tidak tertumpuk dan akhirnya menimbulkan masalah baru yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Kepala Puskesmas Mauponggo Sebut Sembilan Warga Keracunan Jamur Sudah Mulai Pulih

Ia menyampaikan untuk personil petugas yang mengangkut sampah juga akan dibagi disesuaikan dengan jumlah atau produksi sampah yang ada di wilayah-wilayah.

Misalnya wilayah dengan kepadatan penduduk dan jumlah produksi sampah yang tinggi, maka petugas kebersihan yang ditempatkan disana juga akan lebih banyak dibandingkan dengan wilayah lain yang sedikit.

Saat ini, kata Orson, sudah memasuki musim penghujan, sehingga dibutuhkan strategi yang baik untuk mengatasi masalah sampah yang ada di Kota Kupang.

"Kita harus memikirkan ide kreatif yang dapat mengurangi masalah sampah. Karena sudah ada fakta bahwa ketika musim hujan, sampah yang ada di drainase menguap keluar yang mengakibatkan banjir, kemacetan dan pemandangan yang tidak indah," terangnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved