Penanganan Covid

Dua Kecamatan di Sumba Timur ini Prioritas Dapat Vaksin Covid-19

Dua kecamatan di Kabupaten Sumba Timur ini akan menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora,M.Si 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Dua kecamatan di Kabupaten Sumba Timur ini akan menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Kota Waingapu dan Kecamatan Kambera.

Hal ini disampaikan Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M. Si ,Selasa (5/1/2021).

Menurut Gidion, tentu ada dua wilayah kecamatan yang menjadi prioritas mendapatkan vaksin Covid-19 lebih dahulu, kemudian diikuti dengan kecamatan lainnya.

Baca juga: TERBARU KODE REDEEM FF Hari Ini 5 Januari 2021 Resmi Garena, Buruan Tukar Kode Redeem Free Fire

"Kita akan lihat sebaran kasus Covid-19 dan menentukan sebagai daerah yang perlu mendapat perhatian pencegahan Covid-19. Untuk Sumba Timur, Kecamatan Kota Waingapu dan Kecamatan Kambera," kata Gidion.

Dijelaskan, selain dua kecamatan itu, tentu akan dilakukan juga vaksinasi di semua wilayah kecamatan.

"Sebaran kasus positif Covid-19 akan menjadi acuan vaksinasi Covid-19. Jadi tidak menutup kemungkinan semua kecamatan akan mendapatkan vaksin," katanya.

Baca juga: Ahmad Fauzi Pelatih Kiper Persija Beri Tips Kiper Muda Jadi Hebat Di Masa Depan

Gidin juga mengatakan, biasanya vaksinasi masal itu membutuhkan petunjuk teknis (Juknis) , karena itu pihaknya berharap juknis itu sudah ada sebelum dilakukan vaksin.

Dikatakan, vaksin Covid-19 adalah vaksin baru dan tentu dilakukan secara masal sehingga perlu ada juknis pelaksanaan.

Sebelumnya juga, Gidion mengatakan, vaksinasi Covid-19 itu tidak berbeda jauh dengan pelaksanaan imunisasi, sehingga dari sisi petugas tentu sedang dipersiapkan.

"Dulu kan ada kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dan dilakukan secara masal. Jadi saya kira harus ada petunjuk agar petugas di lapangan bisa mempedomani, apalagi ini vaksin baru," katanya.

Terkait tenaga, Gidion mengakui dari segi tenaga, pemerintah setempat akan mempersiapkan.

"Dari sisi tenaga kita sudah siap. Apabila vaksin itu tiba disertai juknis maka semua pelaksanaan bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana yang dikonfirmasi melalui Kabid P2P, Jonker Telnoni, S.KM mengatakan, untuk kesiapan vaksinasi Covid-19 pihaknya tentu melakukan pertemuan dengan semua puskesmas yang ada di Sumba Timur.

"Kami akan lakukan pertemuan dalam rangka persiapan petugas vaksin Covid-19," kata Jonker.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved