Breaking News:

Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB Beri Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB sangat peduli kesehatan warga perbatasan RI-RDTL

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Pos Asumanu saat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga perbatasan yang kurang mampu, Minggu (3/1/2021). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB sangat peduli kesehatan warga perbatasan RI-RDTL.

Wujud kepedulian itu mereka tunjukan lewat pelayanan kesehatan gratis dengan pola door to door. Pola pelayanan ini terutama bagi masyarakat kurang mampu secara ekonomi.

Seperti yang dilakukan Pratu Renly, personel Pos Asumanu Satgas Pamtas RI-RDTL memeriksa kesehatan Nenek Andreas (69) yang sedang sakit demam, Minggu (3/1/2021). Nenek Andreas adalah warga Dusun Lokomea, Desa Asumanu Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu yang tergolong keluarga kurang mampu. Indikatornya, Nenek Andreas belum memiliki listrik.

Baca juga: Tahap Awal, Vaksin Covid Diprioritaskan Untuk Tenaga Kesehatan

Hal ini disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol (Inf) Alfat Denny Andrian kepada wartawan Minggu (3/1/2021). Dikatakannya, di daerah perbatasan RI-RDTL masih banyak warga yang kurang mampu.

"Penghasilannya hanya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Hal ini juga menyebabkan terkendalanya biaya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan adanya permasalahan tersebut Personel Satgas tidak tinggal diam dan berinisiatif membantu masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang baik dan dilakukan tanpa adanya pungutan biaya agar kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan dapat dirasakan oleh semua orang termasuk masyarakat yang kurang mampu", ungkap Dansatgas.

Baca juga: Pilkada Sumba Timur - KPU Masih Tunggu BRPK dari MK

Dansatgas mengungkapkan, kesehatan sangat penting untuk semua orang dan derajat kesehatan menjadi salah satu indikator kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkan kesejahteraan di bidang kesehatan bukan hal mudah apalagi bagi masyarakat kurang mampu. Oleh karena itu, perlu ada sentuhan atau bantuan dari pihak lain. Atas pertimbangan itu, personel Satgas Pamtas Yonfi RK 744/SYB berupaya membantu memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu dengan pola door to door atau dari rumah ke rumah.

"Kegiatan pemeriksaan dari rumah ke rumah khususnya bagi masyarakat kurang mampu ini bertujuan untuk menciptakan keadilan bagi masyarakat, membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, dan sekaligus menjadi sarana untuk melakukan silaturahmi dengan masyarakat Desa Asumanu", jelas Dansatgas.

Menurut Dansatgas, anggota Pos Asumanu, Pratu Renly mendatangi rumah Nenek Andreas di Dusun Lokomea untuk memberikan pelayanan seperti pengecekan suhu badan dan memberikan vitamin dan obat-obatan guna mempercepat proses penyembuhan.

Nenek Andreas mengucapkan terima kasih atas kepedulian personel TNI yang dengan sukarela memberikan pengobatan kepada dirinya. Pola pelayanan ini sangat membantunya karena ia tidak harus ke fasilitas kesehatan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved