Breaking News:

TNI Perketat Keamanan Dengan Menggelar Sweeping di Perbatasan

Personel TNI Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB memperketat pengamanan menjelang akhir tahun dengan melakukan kegiatan sweeping

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Personel Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB saat lakukan kegiatan sweeping di wilayah perbatasan, Minggu (27/12/2020). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Personel TNI Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB memperketat pengamanan menjelang akhir tahun dengan melakukan kegiatan sweeping.

Seperti yang dilakukan persenel Pos Asumanu melakukan sweeping di ruas jalan utama yang berada di perbatasan, Minggu (27/12/2020) malam.

Hal ini disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol (Inf) Alfat Denny Andrian kepada wartawan di Atambua, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Wabup Marianus Minta Masyarakat Jangan BAB Sembarangan

Menurut Dansatgas, menjelang akhir tahun, dirinya memerintahkan personel yang berada di pos-pos untuk memperketat pengamanan di wilayah perbatasan dengan melakukan sweeping. Kegiatan ini direncanakan sampai dengan awal tahun.

Tujuan dari sweeping adalah menjaga stabilitas keamanan negara terutama di wilayah perbatasan. Kemudian, mencegah aktifitas ilegal seperti penyelundupan dan pelintas batas ilegal. Pasalnya, masa akhir tahun merupakan momen yang sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan aktivitas ilegal seperti penyelundupan sembako, BBB dan barang terlarang lainnya.

Baca juga: Penetapan Bupati dan Wabup Manggarai Terpilih, Willy Imbau Pendukung Patuhi Protokol Covid-19

Untuk mencegah terjadinya hal itu, personel satgas yang bertanggungjawab mengamankan wilayah perbatasan melakukan tindakan preventif.

Menurut Dansatgas, dalam sweeping, personel TNI memeriksa dan mengecek kendaraan, identitas pelintas dan barang bawaan. Kegiatan sweeping dilakukan dengan memperhatikan SOP dan secara humanis.

"Pemeriksaan akan dilakukan secara rutin hingga awal tahun 2021 nanti. Sesuai tugas, kita lakukan pengecekan secara teliti untuk memastikan kendaraan tersebut tidak membawa barang ilegal yang dapat merugikan Negara", kata Dansatgas.

"Sweeping dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya aktivitas penyelundupan barang ilegal yang keluar masuk NKRI karena di wilayah perbatasan merupakan wilayah yang sangat rawan terjadinya arus transaksi gelap barang ilegal", tambahnya.

Danpos Asumanu, Lettu (Inf) Ida Ketut Kemenuh menambahkan, selama kegiatan sweeping kemarin tidak ditemukan barang ilegal. Kendaraan yang melintas jalur perbatasan pun dilengkapi dengan surat-surat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved