Breaking News:

Guru Honorer Diangkat Jadi ASN Mendikbud Target 1 Juta Orang

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, Kemendikbud akan menggelar tes pengangkatan guru honorer di seluruh Tanah Air menjadi ASN

Editor: Kanis Jehola
Dok. Kemendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, Kemendikbud akan menggelar tes pengangkatan guru honorer di seluruh Tanah Air menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN) lewat skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK).

Menteri Nadiem menjelaskan, tes digelar pada 2021 dan ditargetkan akan ada satu juta guru honorer yang diangkat menjadi PPPK.

"Di tahun 2021 kami akan memastikan semua guru honorer akan bisa melakukan tes online untuk membuktikan kelayakan mereka menjadi PPPK," kata Menteri Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Pemprov NTT Apresiasi Kebijakan Mendikbud

Bersamaan dengan itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyiapkan materi pembelajaran mandiri yang dapat diakses secara daring oleh para guru.

Ia berharap materi yang disiapkan Dirjen GTK makin memperbesar kesempatan para guru honorer lolos seleksi. "Itu secara gratis diberikan dan itu pembelajaran online secara mandiri. Jadi juga ada panduan," ucap Menteri Nadiem.

Baca juga: NEWS ANALYSIS Simon Petrus Manu Ketua PGRI NTT: Sangat Membantu

Menteri Nadiem menegaskan, gaji para guru yang nantinya diangkat menjadi PPPK dijamin oleh pemerintah pusat lewat APBN. Menurutnya, ini salah satu upaya pemerintah memberikan kesejahteraan yang layak bagi para guru.

"Anggaran terhadap yang lulus seleksi akan dijamin oleh pemerintah pusat. Jadinya yang lolos seleksi, gajinya akan dianggarkan di 2021 dan seterusnya di 2022," paparnya.

Sementara itu, bagi guru honorer yang tidak lolos seleksi di tahun ini bisa mengulang di tahun-tahun berikutnya. Menteri Nadiem menyatakan tiap guru memiliki kesempatan tes sebanyak tiga kali.

"Kalau pun mereka gagal pertama kali, mereka akan mendptkan kesempatan sampai tiga kali untuk bisa lulus tes seleksi ini," ujar Menteri Nadiem.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. "Pemerintah akan melakukan seleksi terhadap guru honorer menjadi ASN lewat skema PPPK di tahun 2021," ucap Syaiful lewat laman twitter resminya, Senin (16/11).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved