Penanganan Covid

Update Corona Sumba Timur - Ada 15 Kontak Erat di Kota Waingapu

Update Corona di Kabupaten Sumba Timur - Ada 15 Kontak Erat di Kota Waingapu

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Jumlah kontak erat dengan pasien positif Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur sebanyak 15 orang. Total kontak erat di Sumba Timur saat ini 89 orang.

Informasi yang diperoleh POS-KUPANG.COM, Selasa (3/11/2020) menyebutkan, jumlah kontak erat di Sumba Timur saat ini 89 orang.

Jumlah itu tersebar di tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Kota Waingapu, Umalulu dan Kecamatan Kambera.

Baca juga: Real Madrid vs Inter Milan: Saatnya Hazard Pahlawan

Total kontak erat di Kota Waingapu sebanyak 15 orang.

Sementara di Kecamatan Umalulu terdapat 62 orang dan di Kecamatan Kambera sebanyak 12 orang.

Kontak erat di Kecamatan Umalulu merupakan hasil pelacakan tim gugus tugas Covid-19 menyusul ditemukannya tiga orang positif Covid-19.

Baca juga: Ingatkan Jemaah Umrah Soal Covid-19

Ketiga orang itu merupakan konsultan pada PT. Muria Sumba Manis (MSM) dan merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya.

Sementara di Kambera, ada juga tiga kasus positif Covid-19, sehingga tim melakukan pelacakan dan menemukan ada 12 kontak erat.
Gugus tugas juga telah mengirim lagi 92 Swab ke Kupang.

Sampel ini dikirim untuk diperiksa secara real time Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof. WZ. Johannes Kupang.

Ke-92 swab itu terdiri dari 89 swab yang diambil dari warga yang kontak erat dengan 6 pasien positif, yakni pasien ke- 22 hingga pasien ke- 27 positif Covid-19, sedangkan tiga sampel lain dari warga yang hasil pemeriksaan atau rapid test atau RDTnya reaktif.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana yang dikonfirmasi sebelumnya, membenarkan ada sampel yang dikirim ke Kupang.

Menurut Chrisnawan, sampel yang dikirim itu merupakan sampel hasil tracing kontak erat masyarakat dengan pasien positif ke-22-27 di Sumba Timur

Untuk diketahui, total pasien positif Covid-19 ada 27 orang,19 orang telah sembuh, dua orang meninggal dunia dan enam orang dalam perawatan.

Sampel yang selama ini diambil dan diperiksa sebanyak 1.217 sampel. Dari jumlah itu, 1089 sampel dinyatakan negatif dan 36 sampel positif serta 92 swab belum ada hasil.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved