Breaking News:

Berita Ruteng Hari ini

Seperti Ini Suasana Deklarasi Pilkada Damai Yang Digelar Keuskupan Ruteng

Pihak Komisi Kerasulan Awam Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng menyelenggarakan misa perutusan dan Deklarasi Pilkada Damai

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Paslon sedang melakukan Deklarasi Pilkada Damai 

POS-KUPANG.COM | RUTENG--Pihak Komisi Kerasulan Awam Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng menyelenggarakan misa perutusan dan Deklarasi Pilkada Damai. Acara ini berlangsung di Gereja Katedral Keuskupan Ruteng, Selasa (27/10/2020).

Hadir dalam acara ini Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat bersama para Imam konselebran, Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 01 Dr Deno Kamelus, SH.,MH dan Drs Victor Madur atau Paket Deno-Madur, dan Paslon nomor Urut 02 Hery-Heri dimana yang hadir hanya Calon Bupati Manggarai Herybertus Nabit sedangkan calon wakil bupati Heribertus Ngabut tidak hadir, Tim Sukses dari kedua Paslon.

Selain itu hadir juga Pjs Bupati Manggarai, Dr Drs Zeth Libing, M.Si, TNI dan Polri, para asisten Sekda dan Sejumlah Pimpinan OPD, KPU dan Bawaslu Kabupaten Manggarai.

Baca juga: Keuskupan Ruteng Gelar Misa Perutusan dan Deklarasi Pilkada Damai

Misa Perutusan ini dipimpin langsung oleh Uskup Siprianus. Uskup Siprianus mengatakan kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai periode 2020-2025 yakni Paslon Deno-Madur dan Paslon Hery-Heri sebagai rasul awam, mereka telah mencalonkan diri dan mendedikasikan hidup mereka untuk membangun Nucalale, tanah Manggarai jika kelak mendapat suara mayoritas dari masyarakat Manggarai.

Menurut Uskup Siprianus, kedua Paslon telah dipanggil sekaligus siap diutus untuk menjadi gembala terbaptis dalam jabatan bupati dan wakil bupati Manggarai tahun 2020-2025 sebagai medan bakti mereka. Kita percaya bahwa tugas panggilan dan perutusan sungguh ada dalam rencana Tuhan.

Uskup Siprianus juga mengatakan tema Ekaristi itu 'Pergilah-Diutus'. Panggilan dan perutusan ini untuk direnungkan bersama. "semoga melalui perayaan ekaristi ini, kita semua terbuka untuk melihat peran kita masing-masing dalam menyukseskan peristiwa demokrasi bermartabat Pilkada Manggarai 2020,"ungkap Uskup Siprianus.

Baca juga: Ada Warga Kota Meninggal Karena DBD, Lurah Langsung Diberhentikan

Uskup Siprianus juga mengajak umat Allah dan masyarakat Manggarai untuk mendukung dan mendoakan kedua Paslon tersebut.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Manggarai, Dr. Zeth Sony Libing dalam kesempatan itu mengungkapkan harapannya agar Pasangan Calon, yang juga hadir pada perayaan tersebut, mampu memastikan bahwa ajang Pilkada Manggarai berjalan aman dan damai.

"Kita menginginkan Pilkada Damai tetapi gesekan-gesekan dan riak-riak kecil adalah sesuatu yang sangat mungkin terjadi. Yang dapat kita lakukan bersama adalah tindakan-tindakan antisipatif,"kata Pjs Bupati Sony.

"Dititik inilah, harapan besar kami titipkan di pundak kontestan dan seluruh tim, yakni pertama pastikan bahwa Pasangan Calon hanya akan
melakukan kampanye damai tidak memprovokasi dan tidak menghasut. Kedua, setiap pasangan calon bertanggung jawab atas perilaku pendukungnya,"tambahnya.

Pjs Bupati Sony juga mengatakan, kampanye yang baik adalah yang berusaha menjual keunggulan sendiri dan bukan menjelek-jelekkan atau menghina pasangan lain. Menurutnya, sukses Pilkada tidak hanya dihitung sampai pada penyelenggaraan atau pelantikan, tetapi terutama bagaimana pemimpin terpilih nanti bekerja menyejahterakan daerah ini.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh ASN, pihak penyelenggara dan aparat keamanan serta seluruh masyarakat di Manggarai, mari kita bersama-sama menjalankan Pilkada ini dalam satu semangat yaitu Pilkada Sukses,"pinta Pjs Bupati Sony.

Usai misa, dilakukan deklarasi Pilkada Damai dari KPU Manggarai, Bawaslu Manggarai, Aparat keamanan yakni TNI/Polri, DPRD, Pemerintah Daerah yang dibacakan oleh Pjs Bupati Sony dan juga dari Paslon masing-masing.

Deklarasi Pilkada Damai ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan disaksikan oleh Uskup Ruteng dan para imam konselebran, Tim Sukses dan masyarakat yang hadir.

Lalu usai deklatasi Pilkada Damai, dilalukan pelepasan sepasang burung merpati tanda perdamaian oleh Uskup Siprianus didampingi Pjs Bupati Sony dan kedua Paslon. Sebelum melepas burung merpati itu, Uskup Siprianus mengatakan Merpati adalah lambang Roh Kudus, Roh Kebenaran dan Roh Kedamaian. Semoga Ia mengaruniakan sukacita, damai, persaudaraan dalam Perhelatan Pilkada ini. Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Robert Ropo)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved