Pendidikan

STIM Kupang Akreditasi Daring, Terus Benahi Layanan Pendidikan

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Kupang melakukan akreditasi secara daring selama dua hari, Rabu (13/10) hingga Kamis (14/10).

Penulis: Apolonia M Dhiu | Editor: Apolonia Matilde
Apolonia M Dhiu
Ketua STIM Kupang, Adrianus Aluman, SE, MM, pose bersama dengan panitia akreditasi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.CM|KUPANG - Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Kupang melakukan akreditasi secara daring selama dua hari, Rabu (14/10) hingga Kamis (15/10).

Proses akreditasi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT).

Dua orang tim asesor yang melakukan asesmen lapangan adalah Prof. Dr. Made Sudarma dari Universitas Brawijaya dan Dr. Dian Indriyati dari Universitas Telkom.

Baca juga: SHIO Kamu, Tikus Risiko Bentrok, Kuda Perdamaian dari Puing RAMALAN SHIO Jumat 16 Oktober 2020

Hal tersebut disampaikan Ketua panitia akreditasi STIM Kupang yang juga Pembantu Ketua I STIM Kupang, Karolus Balmo, S.Fil, M.Pd, yang didampingi Pembantu Ketua II, Penina Nufninu, S.AB, MM, kepada Pos Kupang di Kampus STIM Kupang, Kamis (15/10).

Karolus mengatakan, selama proses asesmen berlangsung tim asesor melakukan wawancara langsung via zoom meeting dengan Ketua STIM Kupang, Adrianus Aluman, SE, MM.

Baca juga: Konflik Laut China Selatan Terbaru, China Minta ASEAN Bersatu Lawan Amerika Serikat

Ia mengatakan, zoom meeting tersebut terkait visi misi dan rencana strategi (Renstra), mewawancarai para wakil ketua terkait kinerja dosen, mutu pendidikan, serta laporan evaluasi diri perguruan tinggi yang melibatkan tenaga kependidikan, mahasiswa, orang tua mahasiswa, alumni dan para pengguna lulusan.

Menurut Karolus, terkait persiapan tim akreditasi perguruan tinggi sudah dibentuk tahun 2019, dan borang akreditasinya telah dikirim tanggal 19 Oktober 2019.

Tetapi, katanya, di akhir tahun 2019 ada pandemi corona, sehingga kegiatan asesmen lapangan oleh Tim Asesor BAN-PT diulur sampai dengan tanggal 14-15 Oktober 2020.

Menurut Karolus, informasi tersebut didapat begitu singkat dari staf BAN PT, Gina, pada tanggal 4 Oktober 2020.

Baca juga: Rocky Gerung Tertawakan Ali Mochtar Ngabalin, Bintang ILC: Jokowi Pelihara Orang Tak Paham Sejarah

Sehingga, lanjut Karlos, dalam tempo yang singkat, STIM Kupang harus mempersiapkan semua data pendukung akreditasi dalam bentuk PDF untuk diteruskan ke BAN PT dan ke tim asesor atas nama Prof. Dr. Made Sudarma dan Dr. Dian Indiyati.

"Saya mengapreasiasi kepada semua pihak yang terlibat disesi asesmen lapangan mulai dari alumni, pihak pemerintah, pihak swasta, masyarakat, mahasiswa, dosen, pegawai dan jajaran pimpinan. Momen ini menjadi hal penting untuk keberlanjutan STIM Kupangke depan," kata Karolus.

Prof. Made dalam sesi daring, mengatakan akreditasi sebagai proses untuk membenahi diri (Perguruan Tinggi) sehingga sangat membantu perguruan tinggi dan STIM Kupang khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan layanan yang diberikan.

Baca juga: Kapal Perusak AS Lalui Selat Taiwan Militer China Siaga Penuh, Pasukan Elit Fokus Kesiapan perang

Ketua STIM Kupang, Adrianus Aluman, SE, MM, berharap hasil dari akreditasi dapat menjadikan lembaga STIM lebih baik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved