Breaking News:

Sumba Barat Daya Kembali Zona Merah, Satu Warga Terkonfirmasi Positip Covid-19

Sumba Barat Daya kembali zona merah, satu warga terkonfirmasi positip Covid-19

Sumba Barat Daya Kembali Zona Merah, Satu Warga Terkonfirmasi Positip Covid-19
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Jubir Covid-19 SBD, drg.Yulianus Kaleka

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Daya, drg.Yulianus Kaleka mengatakan semenjak Senin (14/9/2020) Kabupaten Sumba Barat Daya kembali zona merah seiring satu warga Sumba Barat Daya dalam hal ini dari anggota TNI Kodim 1629 SBD terkonfirmasi positip tertular virus corona.

Yang bersangkutan adalah pelaku perjalanan ke dan dari Bandung dalam rangka mengikuti pendidikan.

Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani perawatan di rumah sakit Karitas Weetabula, Sumba Barat Daya.

Hanura TTS Bangun Rumah Ruth Tafui

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan penularan virus corona yang juga adalah kepala Dinas Kesehatan, drg.Yulianus Kaleka menyampaikan hal itu diselah-selah rapat tim covid-19 yang dipimpin Bupati SBD, dr.Kornelius Kodi Mete di lopo rumah jabatan bupati SBD, Kamis (17/9/2020) siang.

Menurutnya, pelaku perjalanan tersebut berangkat dari Sumba Barat Daya melalui Bandara Tambolaka, SBD menuju Bandung, Jawa Barat tanggal 4 September 2020. Setelah mengikuti pendidikan di Bandung, yang bersangkutan kembali ke Sumba Barat Daya tanggal 9 September 2020.

Cegah Penyebaran Covid-19, Masyarakat Sikka Jangan Lalai dan Masa Bodoh

Selanjudnya tanggal 10 September 2020 pagi menjalani rapid test di rumah sakit Karitas Weetabula dan hasilnya non reaktif. Namun sore itu, merasa badan meriang dan batuk, sehingga langsung ke rumah sakit Karitas dan menjalani rawat inap di rumah sakit Karitas Weetabula.

Dalam pemeriksaan dokter rumah sakit Karitas Weetabula, yang bersangkutan mengalami gula darah naik dan gejala mengarah ke virus corona maka langsung dipindahkan ke ruang isolasi. Selanjudnya tanggal 12-13 September 2020, pengambilan swab dan pengiriman swab tanggal 14 September pagi melalui rumah sakit umum daerah Waingapu, Sumba Timur untuk dikirim ke rumah sakit umum Yohanes Kupang dan sore harinya, langsung mendapat hasil dimana yang bersangkutan terkonfirmasi positip corona. Dan sampai saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di rumah sakit Karitas Weetabula, Sumba Barat Daya.

Karena itu, ia menghimbau masyarakat Sumba Barat Daya tetap tenang dan tetap jalankan protokol kesehatan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved