Breaking News:

Berita Nagekeo Terkini

Harus Cerdas dan Bijak Bermedia Sosial

Yang bisa mengendalikan diri saat menggunakan media sosial adalah diri kita sendiri bukan orang lain. Sehingga sebisa mungkin untuk menghindari hal-ha

Pos-Kupang.Com/Gordi Donofan
Suasana saat Bimtek peliputan dan peliputan berita di Kantor Bawaslu Nagekeo Kota Mbay, Senin (14/9/2020). 

 POS-KUPANG.COM | MBAY --Komisioner Bawaslu Nagekeo, Joe Nane mengajak semua komisioner dan staf Bawaslu Nagekeo untuk cerdas dan bijak menggunakan Media Sosial (Medsos).

Yang bisa mengendalikan diri saat menggunakan media sosial adalah diri kita sendiri bukan orang lain. Sehingga sebisa mungkin untuk menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri juga orang lain saat menggunakan Medsos.

"Yang perlu kita ingat adalah untuk
bermedia sosial dengan cerdas dan bijaksana. Gunakan media sosial dengan baik. Soal Trik, bagaimana menghindar supaya tidak tidak terjebak dengan hal-hal itu hari ini kita juga sudah peroleh," ujar Joe Nane saat kegiatan Bimtek Peliputan dan Penulisan berita di Kantor Bawaslu Nagekeo Kota Mbay, Senin (14/9/2020).

Jo Nane juga mengatakan selain itu tentu harus bisa membedakan berita-berita hoax yang menyesatkan. Berita hoax yang diperoleh bisa saja menjebat kita, sehingga sebisa mungkin disharing dengan baik.

Tidak usah dishare atau dibagikan jika itu berita sumbernya tidak jelas. Yang harus diperhatikan adalah soal ketahanan diri kita pada suatu objek berita yang diterima melalui smartphone. Pastikan berita itu apakah benar atau hoax.

"Intinya sharing dulu baru share," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Nagekeo, Yohanes Nanga menyampaikan bahwa saat ini penting sekali menulis.

Lewat kegiatan peliputan dan penulisan berita kita banyak mengenal bagaimana perencanaan, proses hingga berita tersebut diterbitkan atau dipublikasikan.

Pertahankan Zona Hijau Covid-19, Ini Langkah Yang Diambil Pemda Manggarai Timur

"Ini ilmu baru kita yang sedang belajar dan lembaga publik tentu harus mempublikasikan apa yang sedang dilakukan. Lewat menulis juga kita bisa sosialisasi kepengawasan sebagai tugas kita dan apapun yang kita capai dalam hal ini kegiatan internal kita bisa sosialisasikan. Sehingga apa yang kita lakukan bisa diketahui oleh publik," ujarnya.

Sementara pemateri kegiatan, Ignas Kunda pada kesempatan tersebut menyampaikan proses peliputan, penulisan berita hingga teknik mengambil gambar seperti video dan foto.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved