Breaking News:

Besok Lima Unit Bus Trans Premium Siap Layani Masyarakat

Besok lima unit Bus Rapid Transit Kota siap mengaspal di ruas-ruas jalan Kota Kupang untuk melayani warga kota

Doc Prokompim Kota
LAPORAN -- Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere ketika menyampaikan laporan terkait Pengoperasian Bus Rapid Transit dan peluncuran Koperasi Jasa Trans di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kota Kupang, Senin (31/8/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Besok lima unit Bus Rapid Transit Kota siap mengaspal di ruas-ruas jalan Kota Kupang untuk melayani warga kota.

Lima BRT dengan kelas premium ini dibagi dalam lima koridor, yaitu Koridor I, Kampus Undana, Jalan Piet A Tallo, Frans Seda, W J Lalamentik, Cak Doko, Tompello, Urip Sumoharjo, Ahmad Yani, Timor Raya kembali ke Kampus Undana Koridor II, Kampus Undana, Jalan Timor Raya, Ahmad Yani, Urip Sumoharjo, Tompello, Cak Doko, W J Lalamentik, Frans Seda, Piet A Tallo, Kampus Undana Koridor III, Jalan Adi Sucipto, Piet A Tallo, Perintis Kemerdekaan II, W J Lamanetik, Amabi, Jend Soeharto, Jalan El Tari, Frans Seda, Pulau Indah, Timor Raya, Undana.

Tinggi, Angka Tindak Pidana Pemerkosaan dan Kekerasan Seksual di NTT

Koridor IV, Kampus Undana, Adi Sucipto, Timor Raya Pulau Indah, Frans Seda, Soeharto, Amabi, Frans Seda, Pulau Indah, Timor Raya, Undana Koridor V, Kampus Undana, Jalan Piet A Tallo, Franse Seda, El Tari, Soeharto, H R Koroh, jalur 40, jalan Adi Sucipto.

BRT Kota menawarkan pelayanan premium dengan biaya operasional yang sedikit mahal tapi tetap terjangkau. Pemerintah memberikan potongan 50 persen dari harga normal Rp 6.000, tapi masyarakat cukup membayar Rp 3.000 saja per orang, jauh-dekat dengan rute yang cukup panjang.

Target PAN NTT Menang di Empat Pilkada Kabupaten

Jam operasional bus mulai pukul 08.00 hingga 16.00 Wita. Bila sekolah sudah kembali normal maka waktu operasional akan ditambah.

"Bila dengan angkot berpindah rute bisa Rp 10 ribu, dengan bus hanya Rp 3.000 saja," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (31/8/2020).

Sementara ini, kata Bernadinus, bus-bus yang ada belum mempunyai shelter. Tapi pemberhentian akan dilakukan di halte-halte yang lama dan titik-titik yang akan menjadi cikal bakal shelter baru.

"Karena hasil survei teman-teman untuk titik-titik shelter sudah dari tahun lalu, kondisi terkini dengan adanya perbaikan jalan dan lainnya, kita belum lihat lagi. Tapi kita akan berupaya untuk ada jarak tertentu barulah berhenti, sekitar ratusan meter bahkan kilo meter baru berhenti. Ini juga mendidik orang untuk tahu tempat berhenti bus," tuturnya.

Pengoperasian BRT, lanjutnya, bertujuan untuk mengurai titik-titik kemacetan serta mengakomidir para penumpang menuju pusat pendidikan dan tempat tujuan lainnya sesuai rute yang ada.

Terkait perawatan kendaraan, kata Bernadinus, dari Dishub menginginkan ada bengkel khusus untuk perawatan bus, tidak hanya bus tapi seluruh angkot ada tempat untuk "berobat" jika "sakit", seperti bengkel.

Ia menambahkan, Dinas Pehubungan Kota juga telah membentuk Koperasi Jasa Trans Kota Kupang yang telah diluncurkn hari ini.

Diharapkan model koperasi ini bisa menjalankan dua misi utama yaitu pelayanan angkutan dan kesejahteraan anggota.

Sedangkan untuk kawasan pinggiran kota, dijelaskannya, dinas berupaya untuk menyiapkan angkutan perintis tapi belum saat ini karena masih dicoba untuk diusulkan di perubahan anggaran.

"Kami coba usulkan di beberapa titik untuk angkutan perintis, sewa angkutan kota. Dengan kebijakan pemerintah tidak lagi peremajaan kendaraan, kalau mau dibuka hanya untuk angkutan perintis," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya subsidi operasional dengan biaya tetap terjangkau bagi masyarakat pengguna angkutan ini dapat menjadi bus favorit sehingga mengurangi kemacetan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved