Breaking News:

Plan Indonesia Siapkan Pendampingan Psikososial Bagi Anak di Lembata

Yayasan Plan Internasional Indonesia ( Plan Indonesia) memberi perhatian khusus bagi anak-anak di Lembata selama masa pandemi Covid-19

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Ricko Wawo
Yayasan Plan Internasional Indonesia (Plan Indonesia) memberi perhatian khusus bagi anak-anak di Lembata selama masa pandemi Covid-19. Salah satu program emergensy response Covid-19 dari Yayasan Plan Indonesia yakni membekali 14 fasilitator yang akan melatih Kelompok Perlindungan Anak dan Perempuan Desa (KPAPD) tentang bagaimana pendampingan psikososial kepada anak-anak terdampak Covid-19 yang ada di desa-desa di Lembata. Pembekalan ini dilangsungkan di Ballroom Olimpic Lewoleba, Jumat (28/8/2020) 

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Yayasan Plan Internasional Indonesia ( Plan Indonesia) memberi perhatian khusus bagi anak-anak di Lembata selama masa pandemi Covid-19.

Salah satu program emergensy response Covid-19 dari Yayasan Plan Indonesia yakni membekali 14 fasilitator yang akan melatih Kelompok Perlindungan Anak dan Perempuan Desa (KPAPD) tentang bagaimana pendampingan psikososial kepada anak-anak terdampak Covid-19 yang ada di desa-desa di Lembata.

Pembekalan ini dilangsungkan di Ballroom Olimpic Lewoleba, Jumat (28/8/2020). Para fasilitator ini berasal dari perwakilan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten Lembata, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Lembata, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Kabupaten Lembata.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Tanam Karang dan Lepas Tukik di Oesina

Program Implementation Area Manager Yayasan Plan Internasional Indonesia, Erlina Dangu melalui Staf Perlindungan Anak Emergency Response Team Plan Indonesia Covid-19 Joe Manuk menerangkan salah satu kegiatan emergency response itu adalah Pelatihan Pendamping Dukungan Psikososial Awal yang merupakan kelanjutan dari pelatihan pendamping psikososial dari Kementerian Sosial yang pernah dilangsungkan pada 6 Agustus 2020 lalu.

160 Anak NTT Dapat Beasiswa Rp 2,88 Miliar Kementerian Kelautan Perikanan

"Setelah ini mereka akan memberikan pelatihan kepada kelompok perlindungan anak dan perempuan di desa tentang pendampingan psikososial anak selama masa pandemi corona ini," kata Joe.

Lebih jauh, Joe menguraikan selain memberikan materi pendamping psikososial awal, para fasilitator juga diberi kompetensi mengenai hal-hal teknis berkaitan dengan pelatihan psikososial anak selama masa pandemi corona di desa.

Diharapkan, para pendamping yang akan dilatih oleh para fasilitator di desa bisa memberikan dukungan untuk psikososial anak karena mereka yang berada di dalam komunitas masyarakat dan wilayah yang sama dengan anak-anak.

Koordinator program Yayasan Plan Indonesia Lembata ini menambahkan selain meningkatnya kekerasan terhadap anak selama masa pandemi corona, anak-anak juga terdampak secara mental karena anak dirumahkan dan merasa stres.

Nah, mereka yang sudah diberi pelatihan oleh para fasilitator punya peran penting memberikan pendampingan psikososial kepada anak-anak.

"Minimal anak-anak itu mendapat pengetahuan tentang bentuk-bentuk kekerasan yang bisa mereka alami dan tindakan apa yang bisa mereka lakukan seperti melapor ke kepala desa," papar Joe.

Dijelaskannya, emergency response dari Yayasan Plan Indonesia ini dilakukan di 79 desa, 5 kecamatan dampingan Yayasan Plan di Lembata dan akan ada 395 pendamping psikososial anak di desa yang siap mendapat pelatihan dari para fasilitator. Tidak menutup kemungkinan pelatihan juga diberikan di desa-desa di luar desa dampingan Plan Indonesia.

Pada minggu kedua Bulan September dipastikan pelatihan terhadap para pendamping di desa sudah mulai dilakukan. Para pendamping yang akan dilatih ini terdiri dari pengurus Kelompok Perlindungan Anak dan Perempuan Desa (KPAPD), guru, tokoh agama dan pemerintah desa.

"Dari beberapa komponen itu kita libatkan dalam pendampingan psikososial anak," pungkasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved