Breaking News:

Bupati Niga Pimpin Rapat Bahas Pembangunan GOR

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole memimpin pertemuan dalam rangka presentasi Laporan Akhir Perencanaan Master Plan pembangunan GOR

HUMAS&PROTOKOL; PEMKAB SUMBA BARAT
BAHAS PEMBANGUNAN GOR - Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole memimpin rapat presetasi pembangunan GOR oleh pihak ITM, Kamis (27/8/2020). 

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK- Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole memimpin pertemuan dalam rangka presentasi Laporan Akhir Perencanaan Master Plan untuk Pembangunan Gedung Olahraga ( GOR) di Kabupaten Sumba Barat di Ruang Rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah, Kamis (27/8/2020)

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Kementerian Pemuda dan Olahraga membuka ruang bagi daerah baik kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk memajukan sektor olahraga melalui pembangunan sarana dan prasarana olahraga di masing-masing daerah.

Ayah Merantau dan Ibu Sakit, Tiga Bocah Pilih Tinggal di Pondok Dekat Jurang Tolowio Ngada

Sebagaimana diketahui bersama, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah melakukan pembebasan lahan dan sertifikasi lahan pada Tahun 2018 seluas kurang lebih 4 hektar, dari rencana keseluruhan kurang lebih 7 hektar untuk pembangunan Kawasan Olahraga (sport center) di Kelurahan Diratana, Kecamatan Loli.

Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga, melakukan kerja sama dengan pihak LPPK ITN Malang, untuk melakukan penyusunan Master Plan Kawasan Olahraga yang sesuai standar Bangunan Olahraga Tipe B berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 0445 Tahun 2014 tentang Standar Prasarana Olahraga berupa Bangunan Gedung Olahraga.

Alfons Teodorus Libatkan 8 Doktor Sipil Dalam Kepengurusan DPD HPJI NTT

Beberapa persyaratan wajib yang harus disiapkan pemerintah daerah pengusul DAK bidang keolahragaan antara lain , tersedia lahan yang sudah menjadi milik pemerintah daerah, tersedia Master Plan Kawasan Olahraga, tersedia Detail Engineering Design (DED), dan tersedia Usaha/kajian pengelolaan lingkungan.

Dan, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat telah menyelesaikan semua proses persyaratan untuk pengusulan DAK Bidang Keolahragaan, termasuk DED dan UKL-UPL untuk kawasan olahraga sehingga sangat layak diajukan kepada Pemerintah Pusat.

Dalam rilis yang dikirim Humas&Protokol Pemkab Sumba Barat, Kamis (27/8/2020), Bupati Niga Dapawole menyampaikan harapannya sebagai Kepala Daerah yaitu dengan selesainya proses penyusunan Master Plan Kawasan Olahraga ini, agar segera direalisasikan pembangunan fisiknya dengan tetap memperhatikan ciri khas budaya lokal dan keseimbangan lingkungan.

"Kawasan Olahraga di Kelurahan Diratana ini, diharapkan akan menjadi pusat aktivitas olahraga dan pusat pertumbuhan baru di bagian barat dari Kota Waikabubak," ujar Niga Dapawole.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Niga Dapawole mengajak semua yang hadir untuk saling mendukung dan tetap konsisten mengawal program-program pemerintah dalam membangun dan menata Pada Eweta Manda Elu tercinta.

Ir. Daim Trijuwono, MSA sebagai ketua tim dari Institut Teknologi Nasional Malang menyampaikan prakiraan biaya pembangunan Sport Center (Kawasan 4 Ha) yaitu sebesar 83.798.632.500, terdiri dari pekerjaan pengukuran lahan, perbaikan lahan, bangunan GOR, bangunan kantor, bangunan kolam renang, lapangan futsal outdoor, jalan dan parkir, plaza, taman dan lansekap, Pos Satpam, infrastruktur dan pagar keliling.

"Sedangkan prakiraan biaya pembangunan Sport Center (Kawasan 7 Ha) yaitu 147.840.979.000, ada penambahan pembangunan lapangan sepak bola," ujar Daim.

Tutut hadir dalam pertemuan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Sekretaris Perumahan Rakyat, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, PPK, Pejabat dari Dinas PUPR Sumba Barat dan Sumba Tengah.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gerardus Manyella)

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved