Breaking News:

News

JANGAN Tuding Makhlus Halus, Anda Harus Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Ketindihan, Begini Caranya

Tentu tidak asing dengan ungkapan ketindihan, yang mana ketindihan sering dikaitkan dengan makhlus halus.

(John Henry Fuseli/Wikipedia)
The Nightmare 

POS KUPANG, COM- Tentu tidak asing dengan ungkapan ketindihan, yang mana ketindihan sering dikaitkan dengan makhlus halus.

Namun ketindihan juga ada dalam istilah medis, dan hal ini perlu diketahui penyebab hingga cara mengatasi ketindihan.

Ketindihan ialah istilah dalam menggambarkan kondisi tidur yang tiba-tiba terbangun namun bagian tubuh tak bisa digerakan seolah-olah ada yang menindih.

Secara medis, fenomena ini dapat dijelaskan sebagai Sleep Paralysis alias kelumpuhan tidur.

Ketindihan yang terjadi pada saat tertidur dapat disebut sebagai hipnagogik atau predormital. Sedangkan, ketika ketindihan terjadi pada saat bangun disebut sebagai hipnopompik atau postdormital.

Penyebab ketindihan

Merangkum Medical News Today, untuk memahami penyebab ketindihan, ada pembagian fase tidur yang perlu diketahui terlebih dulu.

Tidur pada dasarnya dapat dibagi dalam empat fase, yakni tahapan tidur paling ringan (setengah sadar), tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam, dan rapid eye movement (REM).

Fase tidur inilah yang bisa menjadi dasar proses terjadinya ketindihan atau kelumpuhan tidur. Pertama, seseorang dari keadaan sadar (saat hendak tidur) akan beralih ke fase tidur paling ringan, tapi kemudian tiba-tiba langsung melompat ke fase REM (mimpi).

Dua tahap tidur pun terlewati, yakni tidur lebih dalam dan tidur paling dalam. Gelombang otak alhasil tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya karena kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur.

Halaman
1234
Editor: Benny Dasman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved