KABAR TERBARU Gaji ke-13 PNS, TNI & Polri, Simak Pengumuman Menkeu Sri Mulyani Soal Keuangan Negara

Kementerian Keuangan melaporkan, hingga semester I 2020 yang berakhir pada bulan Juni, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencatatkan defis

TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menkeu RI, Sri Mulyani 

Kabar Terbaru Pencairan Gaji ke-13 PNS, TNI & Polri, Simak Pengumuman Menkeu Sri Mulyani Soal Keuangan Negara

POS-KUPANG.COM - Pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Banyak perusahaan melakukan PHK dan berhenti beroperasi.

Kementerian Ketenagakerjaan melaporkan, hingga 12 Mei 2020 jumlah tenaga kerja yang dirumahkan maupun terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mencapai 1.722.958 orang.

Saat ini angka PHK di Indonesia jauh lebih besar dari yang disampaikan pasa bulan Mei 2020.

Bahkan pandemi Corona memberi pengaruh besar terhadap penerimaan keuangan negara.

Kementerian Keuangan melaporkan, hingga semester I 2020 yang berakhir pada bulan Juni, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencatatkan defisit.

Menteri Keuangan ( Menkeu), Sri Mulyani menjelaskan defisit negara pada semester pertama mencapai Rp 257,8 triliun atau sekitar 1,57 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Jika dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu, angka tersebut melonjak hingga 90,7 persen.

"Defisit semester ini sebesar 1,57 persen dari PDB atau Rp 257,8 triliun atau meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 0,85 persen dari PDB," ujar Sri Mulyani ketika melakukan rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Kamis (9/7/2020).

Kenaikan defisit tersebut terjadi lantaran realisasi pendapatan negara yang mengalami kontraksi sebesar 9,8 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved