Ini Tujuan Yapersukna Adakan Pelatihan Berbasis Komputer di Mbay

Pelatihan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Yapersukna Penginanga Kelurahan Lape Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo.

Penulis: Gordi Donofan | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/GORDI DONOFAN
Suasana saat pembukaan kegiatan pelatihan di Lape Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Selasa (7/7/2020). 

Ini Tujuan Yapersukna Adakan Pelatihan Berbasis Komputer di Mbay

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Yayasan Persekolahan Umat Katolik Nagekeo (Yapersukna) menggelar pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi Computer Operator Assistant.

Pelatihan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Yapersukna Penginanga Kelurahan Lape Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo.

Pelatihan yang diikuti oleh 16 peserta tersebut dilaksanakan selama satu bulan yang dimulai sejak Selasa (7/7/2020).

Ketua Yayasan Persekolahan Umat Katolik Nagekeo (Yapersukna) Rd. Asterius Lado, menjelaskan, latar belakang kegiatan tersebut.

Rd. Aster mengatakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 dibawah kepemimpinan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Hal ini dilakukan antara lain untuk memacu percepatan peningkatan kompetensi dalam menghadapi perubahan dunia kerja akibat pengaruh teknologi digitalisasi (industri 4.0) serta memanfaatkan momentum bonus demografi.

Rd. Aster menjelaskan balai latihan kerja atau yang disingkat BLK Komunitas adalah unit pelatihan pada suatu komunitas di lembaga Keagamaan non pemerintah serta Konfederasi/Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang bertujuan memberikan bekal ketrampilan teknis berproduksi atau keahlian kejuruan sesuai kebutuhan dasar kerja.

Ia mengatakan tahun 2019, Yapersukna menjadi salah satu komunitas keagamaan non pemerintah yang mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk menjadi penyelenggara Balai Latihan Kerja (BLK).

Tahap awal kerjasama ini ditandai dengan pembangunan fisik gedung dan pengadaan sejumlah perangkat komputer dan meubeler.

Peresmian gedung BLK seluruh Indonesia untuk tahun anggaran 2019 sudah dilakukan serentak oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 30 Desember 2019 yang lalu di Kendal Jawa Tengah.

"Mestinya pelaksanaan kegiatan pelatihan harus segera dilakukan pada tahun 2019, namun mempertimbangkan Indonesia secara umum dan wilayah kabupaten kita juga sedang dilanda Covid 19, maka acara pembukaan pelatihan baru bisa dilaksanakan pada pertengahan tahun 2020 tepatnya pada hari ini, Selasa, 7 Juli 2020," ujarnya.

Ia menyatakan peserta yaitu terbuka untuk umum dengan batas usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

"Yang terdaftar 39 orang, setelah diseleksi menjadi 16 peserta yang saat ini hadir bersama kita dan siap mengikuti pelatihan ini sampai tuntas," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved