Breaking News:

Kunjungi LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan NTT, Wali Kota Apresiasi Pelayanan

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore turut menghadiri penyerahan santunan dan kartu peserta jaminan sosial ketenagakerjaan

POS-KUPANG.COM/Intan Nuka
Salah satu jenis layanan di LAPAK ASIK BP JAMSOSTEK NTT, yakni Layanan Offline yang dilakukan oleh petugas di Kantor BP Jamsostek, Senin (6/7/2020) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore turut menghadiri penyerahan santunan dan kartu peserta jaminan sosial ketenagakerjaan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan NTT ( BP Jamsostek) kepada penerima manfaat, ahli waris, juru parkir, dan relawan Covid-19 di Kota Kupang.

Penyerahan berlangsung di Kantor BP Jamsostek NTT yang beralamat di Jalan W J Lalamentik No 88, Oebufu, Kupang, Senin (6/7/2020). Pada kesempatan tersebut, Jefri mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh BP Jamsostek dan mendukung kerja sama serta komunikasi lebih lanjut dengan lembaga tersebut.

BeginiTanggapan Orang Tua Korban Selamat Dari Tragedi KM Kasih

Kepala BP Jamsostek Armada Kaban menjelaskan kepada Jefri bahwa BP Jamsostek telah melakukan protokol kesehatan pada pelayanan publik sesuai dengan surat edaran yang diberikan oleh Wali Kota Kupang. Di masa tatanan normal baru ini, BP Jamsostek tetap mengedepankan pelayanan pada peserta. Peserta pun dilayani dengan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik atau dikenal LAPAK ASIK. Layanan itu terdiri dari kanal online, offline, dan kolektif.

Timor Leste Sudah 18 Tahun Lepas dari Indonesia, Jadi Negara Merdeka Tapi Masih Miskin

Layanan offline ialah layanan langsung di Kantor BP Jamsostek dengan mengikuti protokol kesehatan, seperti mengunakan masker, mengukur suhu tubuh, dan wajib cuci tangan. Lapak Asik offline ini tetap tidak mempertemukan petugas BP Jamsostek dan peserta secara langsung. Pelayanan pada layanan kantor ini dilakukan dengan menyediakan meja-meja yang dilengkapi layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data. Melalui metode ini, setiap petugas Customer Service Officer (CSO) melayani 4-6 orang sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga metode pelayanan ini disebut “One to Many”.

Layanan berikutnya, layanan antrian online, yakni protokol LAPAK ASIK yang telah diperkenalkan sejak tahun 2018 lalu melalui kanal online antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kini, peserta tidak perlu repot mengantri hanya untuk mencari tahu berapa besar jumlah saldo JHT-nya di BP Jamsostek. Selain itu, peserta juga akan dimudahkan dengan kepastian tanggal dan waktu pelayanan pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Persyaratan dokumen cukup diunggah pada link yang sudah ditentukan.

Selanjutnya BP Jamsostek memberikan kemudahan klaim bagi peserta melalui kanal LAPAK ASIK kolektif. Fasilitas ini ditujukan kepada perusahaan skala besar maupun menengah yang terpaksa melakukan PHK kepada minimal 30 persen tenaga kerjanya. Dengan adanya klaim kolektif ini, pihak perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK dengan menunjuk satu orang perwakilan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved