Breaking News:

News

Kabar Gembira, Kabupaten Belu Sudah Miliki Alat Pemeriksaan Covid-19, Elena Sebut Sebanyak 60 Unit

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua sudah memiliki mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) TB

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Tehnisi asal Semarang menginstal mesin TCM untuk pemeriksaan covid-19 di Laboratorium RSUD Atambua, Jumat (19/6/2020). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Teni Jenahas

POS KUPANG, COM, ATAMBUA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua sudah memiliki mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) TB yang dapat digunakan untuk pemeriksaan Covid-19.

Mesin TCM TB ini sudah bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19 setelah mendapat bantuan cartridge khusus Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

Hal itu dikatakan Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, dr.Batsheba Elena Corputty, MARS kepada wartawan, Jumat (19/6).

Dikatakannya, RSUD Atambua mendapat bantuan cartridge Covid-19 dari Kementerian Kesehatan sebanyak 60 buah. Saat ini, alat tersebut sudah diinstal di laboratorium rumah sakit dan siap digunakan untuk pemeriksaan Covid-19.

Ia mengatakan, bantuan peralatan ini merupakan dukungan dari anggota DPRD Belu, Yohanes Jefri Nahak melalui jaringan dengan DPR RI untuk mendapatkannya di Kementerian Kesehatan.

Dari perjuangan tersebut, Kemenkes memberikan bantuan 60 cartridge dan langsung didistribusikan ke Atambua.

Kabid Pelayanan RSUD Atambua, Sipri Manek saat ditemui Pos Kupang di sela-sela kegiatan instal TCM di ruang laboratorium mengatakan, Mesin TCM tersebut disamping berfungsi sebagai alat pemeriksaan tuberculosis juga untuk pemeriksaan Covid-19 yang dimodifikasi dengan cartridge khusus Covid-19. Cartridge khusus tersebut merupakan bantuan dari Kemenkes.

"Alat yang lain sama, tapi cartridge saja yang beda. Ada cartridge untuk pemeriksaan tuberculosis ada juga untuk pemeriksaan Covid 19. Yang kita instal ini, cartridge untuk pemeriksaan Covid-19 sebanyak 60 buah," ujar Sipri didampingi staf dari Dinkes Provinsi NTT, Marianus Lino.

Sipri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kementerian kesehatan, dinas kesehatan provinsi dan semua pihak yang telah mendukung Pemkab Belu dan RSUD Atambua.

Keberadaan alat ini sangat penting di tengah pandemi covid-19. Dengan adanya alat TCM, pemeriksaan Covid-19 tidak harus ke Kupang.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Belu, Yohanes Jefri Nahak saat dihubungi Pos Kupang, Jumat (19/6), mengatakan, upaya mendapatkan alat semahal itu tidak terlepas dari perjuangannya sebagai anggota DPRD Belu bersama anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Ia mendapat keluhan dari pihak rumah sakit bahwa cartrigde TCM Covid-19 untuk jatah RSUD Atambua belum ada, sedangkan kabupaten lainnya sudah mendapatkannya.

Dari informasi itu, Jefri Nahak, demikian sapaannya melakukan komunikasi dengan Melki Laka Lena, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan. Komunikasi tersebut direspon baik Melki Laka Lena sehingga Kemenkes memberikan jatah untuk Kabupaten Belu berupa cartrigde Covid-19 sebanyak 60 buah. *

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved