Breaking News:

Pembelajaran Berbasis Web Solusi di Masa Pendemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini dan merupakan pandemi global, telah merubah pola aktifitas manusia dalam beberapa bulan terakhir

Pembelajaran Berbasis Web Solusi di Masa Pendemi Covid-19
Dok
Logo Pos Kupang

Oleh: Drs. Yos Sudarso, Mpd, Direktur Universitas Terbuka (UT) Kupang

POS-KUPANG.COM - Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini dan merupakan pandemi global, telah merubah pola aktifitas manusia dalam beberapa bulan terakhir. Tinggal di rumah saja dan melakukan berbagai aktifitas di rumah seperti bekerja dari rumah, belajar di rumah, beribadah di rumah, melakukan social distancing, physical ditancing, merupakan bagian protokol yang ditetapkan pemerintah, untuk memutus mata rantai virus mematikan itu.

Karakteristik virus yang memiliki pola penularan melalui udara dan berbagai benda di sekitar yang tertulari oleh pasien serta mampu bertahan 8 jam di luar tubuh manusia. membuat protokol tadi sangatlah penting dan wajib dilakukan, disamping protokol lain seperti penggunaan masker jika keluar rumah dan rajin mencuci tangan.

Kapolres Ngada: Covid-19 Tidak Memandang Pangkat dan Jabatan

Ketidaktaatan pada protokol beresiko tertular akan menambah daftar pasien yang terus meningkat. Saat ini korban pandemi Covid 19 terus bertambah dan menjadi keprihatinan kita bersama.

Berbagai bidang kehidupan seperti kerohanian, pendidikan, termasuk juga bisnis pertunjukan, hiburan, dan lain-lain, harus mengubah pola layanan menjadi fokus pada non tatap muka. Salah satu yang diulas lebih banyak pada tulisan ini adalah bidang pendidikan, sebagai salah satu bidang yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

Berbagai jenjang pendidikan saat ini baik TK/PAUD, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi wajib mengubah pola pembelajaran dari tatap muka beralih ke berbasis teknologi informasi.

Bunda Julie Laiskodat Sutrisno Laiskodat Salurkan Seribu Masker di Kabupaten Lembata

Pendidikan dan pembelajaran adalah dua hal yang saling berkaitan. Definisi untuk pendidikan dan pembelajaran dapat dilihat pada UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan.

Sedangkan Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Kondisi saat ini membuat proses pendidikan dan pembelajaran tidak dapat dilakukan melalui tatap muka, tetapi melalui berbagai teknologi informasi dan komunikasi. Proses pembelajaran atau tutorial melalui televisi, radio, online, web, bahan ajar cetak dan noncetak, sumber belajar terbuka, adalah berbagai interaksi belajar yang dapat dilakukan.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved