Breaking News:

Salam Pos Kupang

Taati Protokol New Normal

Secara sederhana new normal dimengerti sebagai tananan kehidupan baru untuk hidup beradaptasi dengan wabah Corona ( Covid-19)

Taati Protokol New Normal
Dok
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - PEMERINTAH memberlakukan new normal. Secara sederhana new normal dimengerti sebagai tananan kehidupan baru untuk hidup beradaptasi dengan wabah Corona ( Covid-19).

Siapa yang beradaptasi? Semua elemen masyarakat, tanpa terkecuali. Tentunya, pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan. New Normal hendaknya tidak dimaknai sebagai era bebas. Kita dapat melakukan apa saja sesuka hati tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

100 KK Umat Paroki Wae Lengga Dapat Sembako Dari Keuskupan Ruteng

Meski masih dalam kewaspadaan, namun pemberlakukan New Normal memberi kabar baik bagi masyarakat. Pasalnya, aktivitas keseharian mulai berangsur pulih dan membaik. Mall, supermarket, toko-toko dan pasar tradisional mulai dibuka. Warga sudah bisa berbelanja. Begitu juga restoran, rumah makan dan warung juga mulai berfungsi. Perkantoran pemerintah dan swata mulai dibuka dan ASN dan karyawan mulai beraktivitas.

Khusus di Kota Kupang, selama beberapa hari ini terlihat arus lalu lintas di jalan raya mulai ramai. Kendaraan mulai hilir mudik. Tak seperti kondisi sebelumnya yang lengang dan sepi.

Jaga Kesehatan dengan Inspirasi Hidangan Nusantara Versi Bunda Didi di New Normal Transisi

Bahkan tiket pesawat pun sudah mulai bisa dijual belikan kepada penumpang atau masyarakat. Seakan virus Corona tak lagi jadi momok menakutkan.

Bahkan di beberapa toko atau pusat pembelanjaan, pengunjung tak lagi di tes suhu tubuhnya. Apakah memang dalam kondisi new normal, tak perlu ada lagi penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian? Apakah dalam era new normal, Covid- 19 pun sudah tak ada lagi?

Tentu tidak seperti itu. Sebab Covid-19 itu tentu bisa saja masih ada di sekeliling kita. Hanya saja, hidup mesti tetap berlangsung bukan?

Karenanya mesti kegiatan keseharian mulai kembali dilakukan, namun kita mesti tetap mewaspadai penularan Covid-19. Sebab bukan tidak mungkin Covid-19 itu masih tetap ada di sekeliling kita.

Karenanya kita jangan terkecoh dengan kondisi new normal. Protokol kesehatan mesti tetap dijalankan. Hendaknya kita tetap menggunakan masker ketika berpergian, tetap menjaga jarak, tetap mencuci tangan setelah berpergian, tetap mengkonsumsi minuman dan makanan sehat dan tetap minum vitamin C.

Meski sudah memasuki new normal hendaknya saat berpergian ke luar daerah pun kita tetap mesti dibekali dengan surat bebas Corona.

Pasalnya agar benar benar ada jaminan bahwa setiap orang yang masuk dan keluar daerah itu memang benar bebas Corona. Sehingga kita tidak mentransfer virus itu ke orang di daerah lain.

Apalagi ada orang yang tidak menunjukkan gejala, maka ketika tak ada rapid tes untuk orang yang hendak berpergian ke luar daerah maka bisa saja kita menularkan atau ditularkan dari orang lain.

Namun jika pun ketentuan rapid tes untuk orang yang hendak berpergian itu sudah tidak berlaku lagi maka, satu satunya cara yang bisakita lakukan adalah membentengi diri kita sendiri.

Tetap mewaspadai orang di sekeliling kita. Mengurangi interaksi dengan orang di sekitar kita apalagi dengan orang yang baru kita kenal. Tetapmenjaga jarak. Dan rajin mencuci tangan. Covid-19, kita bisa menularkan, kita bisa ditularkan dan kita juga bisa cegah dan melawannya. Mari tetap mengikuti protokol kesehatan saat era new normal mulai berlaku. *

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved