Breaking News:

Bupati Niga Dapawole Ikuti Vicon Pilkada Tahun 2020

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole didampingi Plh. Sekretaris Daerah, para Asisten dan Pimpinan Perangkat Daerah Terkait men

istimewa
VICON -Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menyimak penjelasan Komisioner KPU terkait pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 melalui Video Conference (Vicon) Aula Kantor Bupati, Selasa (2/6/2020). 

POS KUPANG.COM, WAIKABUBAK- Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole didampingi Plh. Sekretaris Daerah, para Asisten dan Pimpinan Perangkat Daerah Terkait mengikuti Rakor melalui Video Conference (Vicon) tentang pelaksanaan Pemilihan Umum Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Sumba Barat, Selasa, (2/6/2020).

Dalam Vicon itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan dimulai kembali pada 15 Juni mendatang.

Menurut Komisioner KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, hal itu telah tertulis dalam draf Peraturan KPU (PKPU) perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020.

"PKPU perubahan ini telah diharmonisasi pada Minggu (31/5/2020) lalu. Substanstinya, tahapan Pilkada dilanjutkan pada 15 Juni," ujar Raka Sandi dalam diskusi daring pada kesempatan tersebut.

Dalam rilis yang dikirim Kabaga Humas dan Protokol, Ridho Samani, Selasa (2/6/2020), untuk memulai kembali tahapan tersebut, KPU akan mengaktifkan kembali badan penyelenggara ad hoc, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kemudian, tahap pemungutan suara akan jatuh pada 9 Desember 2020.

Raka Sandi juga memastikan masukan dari sejumlah pihak terkait telah diterima dalam harmonisasi sehingga draf PKPU perubahan itu sudah siap disahkan. "Tinggal proses administrasinya," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020.

Perpu ini mengatur penundaan pemungutan suara Pilkada 2020 dari September menjadi Desember atau bisa lebih lama lagi tergantung situasi Pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Untuk diketahui, Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Semula, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, tahapan Pilkada sempat dihentikan sementara.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gerardus Manyella)

VICON -Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menyimak penjelasan Komisioner KPU terkait pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 melalui Video Conference (Vicon) Aula Kantor Bupati, Selasa (2/6/2020).
VICON -Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menyimak penjelasan Komisioner KPU terkait pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 melalui Video Conference (Vicon) Aula Kantor Bupati, Selasa (2/6/2020). (istimewa)
Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved