Pemberangkatan Haji Tahun ini Batal, Menag Minta Calon Haji Ikhlas, yang Lunas Tahun Depan Berangkat

Belum cukup sampai di situ, kini acara ritual naik haji juga terganggu. Sejumlah negara sudah meniadakan pemberangkatan haji untuk negaranya

Net
Ilustrasi 

Pemberangkatan Haji Tahun ini Batal, Menag Minta Calon Haji Ikhlas, yang Lunas Tahun Depan Berangkat

POS KUPANG.COM -- Pendemi virus corona atau Covid-19 bukan saja membunuh ratusan ribu manusia tetapi juga membuat perekonomian di berbagai negara babak belur

Belum cukup sampai di situ, kini acara ritual naik haji juga terganggu. Sejumlah negara sudah meniadakan pemberangkatan haji untuk negaranya

Kini giliran Indonesia degan populasi muslim terbesar di dunia juga tidak memberangkan calon jemaah haji ke tanah suci

Sementara bagi mereka yang sudah melunasi semua kewajiban sebagai syarat berhaji akan diberangkatkan tahun depan 2021

Pemerintah membatalkan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 . Atas keputusan ini, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan rasa simpatinya. Ia juga mengajak para jemaah haji ikhlas menerima kebijakan pemerintah tersebut.

"Kami menyanpaikan rasa simpati yang mendalam kepada seluruh jemaah haji yang terdampak pandemi Covid-19 tahun ini, sehingga tertunda keberangkatan hajinya," kata Fachrul dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Selasa (2/6/2020).

"Mari kita menerima keadaan ini dengan ikhlas," tutur dia. Fachrul mengatakan, hingga hari ini pemerintah Arab Saudi belum membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi (tengah) didampingi jajarannya, mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Raker tersebut membahas pendahuluan dan pembentukan panitia kerja (Panja) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) 1441 H/Tahun 2020.
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi (tengah) didampingi jajarannya, mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Raker tersebut membahas pendahuluan dan pembentukan panitia kerja (Panja) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) 1441 H/Tahun 2020. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama. (RENO ESNIR))

Padahal, pemberangkatan jemaah haji memerlukan banyak persiapan dan memakan waktu yang tidak sebentar.

"Akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah," ujar Fachrul.

Halaman
1234
Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved