Setiap Tahun Rumah Warga Wailiti Sikka Terendam

Warga Maumere setiap tahun selalu mengalami persoalan mampetnya sejumlah drainase-drainase di sejumlah wilayah Maumare

Setiap Tahun Rumah Warga Wailiti Sikka Terendam
ISTIMEWA
Rumah warga di Wailiti, Kabupaten Sikka terendam banjir karena tidak ada pembangunan drainase.

POS-KUPANG.COM - Warga Maumere setiap tahun selalu mengalami persoalan mampetnya sejumlah drainase-drainase di sejumlah wilayah Maumare. Kondisi ini menyebabkan air mengalir kemana-mana saat drainase tersumbat.

Kondisi seperti ini dialami setiap tahun oleh warga masyarakat di Kelurahan Wailiti di RT 035 RW 003 menuju ke RT 018/RW 003 tepatnya Pantura Nangatobong atau Kompleks Susteran.

Tanam Jagung Tidak Saja Untuk Makan

Oleh karena terjadi setiap tahun maka warga di lokasi tersebut juga saban tahun terus menyampaikan keluhan. Bahkan warga kerap "berteriak" mulai dari menggunakan media sosial hingga disampaikan dalam rapat-rapat resmi.

Untuk memperjuangkan hal tersebut, warga juga selalu menyampaikan persoalan tersebut dalam forum Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa atau kelurahan. Walau terus diperjuangkan setiap tahun namun hingga saat ini hasilnya pun tidak ada.

NTT Menuju New Normal

Oleh karena kondisi tersebut sudah sangat mengganggu kenyamanan warga maka kami minta tolong kepada pemerintah kelurahan, kecamatan untuk dapat memprioritaskan persoalan ini. Sebab rakyat di Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sudah sangat resah dengan kondisi drainase tersebut.

Selain itu, air yang meluap dari dranase tersebut setiap tahun sudah masuk ke rumah- rumah warga. Akibatnya masing-masing warga melakukan berbagai upaya agar air tidak masuk ke dalam rumahnya. Kondisi ini tentunya juga dilakukan semua rumah tangga yang ada di RT tersebut.

Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan saling menyalahkan antara tentanga. Jadi banjir yang terjadi akibat meluap dari drainase tersebut bisa mengadu domba warga satu dengan yang lain karena semua mempertahankan banjir tidak masuk rumahnya.

Kami juga sangat berharap kepada pemerintah kalau mau membangun jalan tolong sekalian dengan drainase. Sebab, percuma jalannya mulus tapi tidak ada drainase maka yang menerima dampaknya adalah warga sekitar.

Kami menyampaikan persoalan ini secara terbuka karena persoalan ini sudah berkali- kali kami sampaikan baik secara resmi maupun tidak. Namun jawabannya tidak ada sama sekali.

Terima kasih
Warga Wailiti, Maumere

Tanggapan

Pemerintah akan Segera Tanggulangi

Persoalan drainase yang tergenang tersebut sudah mendapat atensi dari Bupati Sikka yang memerintahkan Dinas PUPR Kabupaten Sikka untuk melakukan identifikasi titik banjir dan genangan air di lokasi-lokasi tersebut.

Pak Bupati Sikka sudah perintahkan Dinas PUPR Sikka untuk melakukan identifikasi titik-titik banjir dan genangan Air. Identifikasi lokasi ini dalam rangka mengkaji penyebab banjir dan genangan tersebut untuk diambil langkah-langkah mengatasi banjir dan genangan tersebut dalam bentuk program kegiatan. (ris)

Kadis PUPR Sikka
Tommy Lameng

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved