Gawat! Kupang Tambah 4 Pasien Positif

Pemerintah Provinsi NTT melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan penambahan pasien positif Corona

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 NTT drg Dominikus Minggu Mere 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -Pemerintah Provinsi NTT melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan penambahan pasien positif Corona. Pada Kamis (28/5/2020) ada tambahan 5 kasus. Empat di antaranya merupakan kasus baru di Kota Kupang dan satu kasus baru di Kabupaten Timor Tengah Selatan ( Kabupaten TTS).

"Dari pemeriksaan Swab yang disampaikan Laboratorium Biomolekular RSUD Prof WZ Johannes, dari 97 spesimen Swab yang dikirim, diketahui ada 6 positif Covid-19," beber Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Dominikus Minggu Mere.

Kemenhub Naikkan Tarif Bus AKAP

Ia menjelaskan, lima dari enam sampel terkonfirmasi positif adalah sampel baru. Sedangkan satu sampel lainnya berasal dari pasien lama di Kabupaten TTS.

Domi Mere merinci, lima pasien baru terdiri dari empat pasien berasal Kota Kupang yang penularannya dari transmisi lokal. Satu pasien lainnya dari TTS yang penularannya dari Klaster Magetan, Jawa Timur.

Empat kasus baru di Kota Kupang, tiga pasien di antaranya dirawat di Rumah Sakit Siloam dan satu pasien dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang. Sementara satu pasien baru terkonfirmasi positif dirawat di RSUD SoE.

Pemdes Selalejo Sosialisasi BLT Dana Desa kepada Masyarakat

Domi Mere mengatakan, pasien baru dari transmisi lokal tersebut saling berkaitan erat dengan pasien positif Covid-19 pertama transisi lokal yang telah meninggal dunia. Hal tersebut berdasarkan hasil tracing Satgas Kota Kupang.

"Dari hasil tracing yang dilakukan begitu (dari pasien positif Covid-19 yang meninggal). Ini perlu ditelusuri lagi, tetapi kait mengait," tandasnya.

Menurutnya, empat kelurahan di Kota Kupang menjadi lokasi potensial penyebaran Covid-19 dari transmisi lokal, Oesapa, Nunleu, Tuak Daun Merah (TDM) dan Kelurahan Kuanino.

"Secara provinsi, dengan penambahan 5 pasien positif baru maka total kasus positif menjadi 90 kasus. Dari 90 terkonfirmasi positif, 11 sembuh dan 1 meninggal dunia. Sementara itu yang sedang dan akan dirawat sebanyak 78 pasien," katanya.

Mengenai persebaran berdasarkan daerah, Domi Mere mengatakan, Kabupaten Sikka dengan 27 kasus, Kota Kupang 15 kasus, Kabupaten Manggarai Barat 12 kasus dan Kabupaten Sumba Timur 8 kasus. Berikutnya, Kabupaten Ende 6 kasus, Kabupaten TTS 4 kasus, Kabupaten Nagekeo 3 kasus, Kabupaten Rote Ndao 2 kasus serta Kabupaten Flores Timur satu kasus. (hh)

Berita Populer
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved