Lurah Liliba Tegaskan Perketat Pengawasan Terhadap Kerumunan Warga

Lurah Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang,menegaskan akan terus memperketat pengawasan terhadap kerumunan warga

POS-KUPANG.COM/ONCY REBON
Lurah Liliba, Viktor A Makoni, S. Sos, Kamis 28/05/2020 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Lurah Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, NTT, Viktor A Makoni, S. Sos, menegaskan akan terus memperketat pengawasan terhadap kerumunan warga yang berpotensi menjadi sebab penularan Corona Virus Disease ( Covid-19).

Pengawasan tersebut dilakukan secara terus-menerus dengan melakukan penggerebekan terhadap aktivitas warga yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

Kepada POS-KUPANG.COM, Kamis, 28/05/2020, ketika ditemui di ruang kerjanya, Viktor mengatakan, pada mulanya kelurahan Liliba mengambil langkah sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Kapolres Nagekeo Serahkan Bantuan Bhayangkari Pusat untuk RSD Aeramo

"Setelah melakukan 3 kali sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat, kami melihat tidak ada sikap taat masyarakat. Oleh karena itu sejak operasi kali ke 4 kami pakai tindakan atau memberi sanksi, seperti Push Up, dan lain-lain.' jelas Viktor

Menurutnya, warga Kota Kupang, sulit untuk mematuhi apa yang namanya himbauan atau sosialisasi. Mereka akan mematuhi segala bentuk himbauan ketika diberi sanksi atas kesalahannya.

Bangun Pertanian Lahan Kering

Ia menambahkan, jika ke depannya pemberian sanksi tersebut tidak melahirkan efek jera masyarakat, maka para pelanggar protokol kesehatan akan ditindak menggunakan kekerasan.

"Kami melakukan ini bukan untuk diri kami sendiri. Tetapi untuk kebaikan semua orang.
Kita berusaha melakukan upaya ini agar semua orang bisa terhindar dari Covid-19," imbuhnya

Pada masa Pandemi Covid-19, lanjut Viktor, para lurah diinstruksikan langsung oleh Walikota Kupang, untuk membentuk tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di kelurahan.

"Khusus di Kelurahan Liliba sendiri, panitia percepatan penanganan Covid-19 kira-kira berjumlah 80-an orang. Tim tersebut, mencakup para RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, petugas puskesmas, anak muda, karang taruna, semua dilibatkan," ungkapnya

Ia menjelaskan, untuk menemukan titik-titik lokasi para pelanggar protakol kesehatan, lurah bersama satgas Covid-19 melakukan koordinasi dengan para RT/RW di kelurahan Liliba dan bersama-sama turun ke lokasi.

"Hingga saat ini saya melihat sudah ada kesadaran dari para warga untuk menaati protokol kesehatan yang diimbau oleh pemerintah. Saya tegaskan sekali lagi bahwa, Liliba telah menjadi kelurahan wajib masker. " pungkas Viktor. (Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Oncy Rebon)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved