Ende Berpotensi PSBB

BUPATI Ende Djafar Achmad menegaskan jika pasien Covid-19 semakin bertambah maka Ende akan diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB)

POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Bupati Kabupaten Ende Djafar Achmad, di Kantor Bupati Ende, Selasa (26/5/2020). 

POS-KUPANG.COM - BUPATI Ende Djafar Achmad menegaskan jika pasien Covid-19 semakin bertambah maka Ende akan diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB).

"Kalau makin banyak yang positif Covid-19, sepuluh atau sampai dua puluh orang kita PSBB tentu dengan pertimbangan yang matang dari kita semua," kata Bupati Djafar usai menggelar rapat bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor Bupati Ende, Rabu (27/5/2020).

Pemda Buka Portal Perbatasan NTT New Normal

Bupati Djafar geram terhadap warga Dusun Numba Besar Desa Raporendu Kecamatan Nangapanda yang menolak dikarantina terpusat di Rumah Jabatan Bupati Ende. Padahal, berdasarkan hasil rapdt test tanggal 22 Mei, sebanyak 13 warga Numba Besar dinyatakan reaktif. Tiga orang di antaranya menolak untuk dikarantina.

Dusun Numba Besar terbanyak menyumbang pasien Covid-19, dengan empat warga positif Corona. "Ambil mereka yang kepala batu, hari ini mereka harus sudah dikarantina," tegas Bupati Djafar.

Rapat Gugus Tugas Covid-19 Ende membahas tiga agenda, yakni penanganan Covid-19, rencana penerapan New Normal dan kepulangan pekerja migran asal Ende.

Satgas Kelurahan Naikoten 1 Belum Memiliki Anggaran

Hal yang paling banyak disoroti adalah penerapan New Normal atau kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19.

Dandim 1602 Ende Letkol Inf Fuad Suparli mengatakan, penerapan New Normal di tengah pandemi Covid-19 ini harus dimengerti secara baik dan benar oleh masyarakat.

"Ini butuh kerja sama dan koordinasi yang bagus dari setiap sektor sehingga sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bisa berjalan dan masyarakat paham," ujarnya.

Fuad menegaskan, New Normal tidak meniadakan protokol kesehatan. Justru sebaliknya seluruh sektor dan masyarakat Ende harus lebih taat pada protokol kesehatan, antara lain cuci tangan, jaga jarak dan selalu mengenakan masker.

Bupati Djafar membeberkan bagaimana protokol kesehatan ditingkatkan jika New Normal diterapkan di Ende. Sejak awal di Kabupaten Ende tidak ada penutupan yang ada hanya pembatasan.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved