Breaking News:

Bupati Mabar Tegaskan Buka Perbatasan

paling aktif dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona adalah pemerintah desa di Kabupaten Mabar.

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
Bupati Kabupaten Mabar, Agustinus Ch Dula 

Bupati Mabar Tegaskan Buka Perbatasan

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO -- Bupati Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula menegaskan pihaknya membuka perbatasan di daerah itu, Rabu (27/5/2020).

"Sekarang Gubernur NTT bukan hanya imbau, tapi perintahkan, bayangkan Gubernur NTT katakan, jangan takut dengan Covid-19 ini, lebih baik pemimpin bodoh, daripada seorang pemimpin yang takut, takut berdiri di depan menghadapi segala kondisi yang tidak baik sekalipun," katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Pihaknya membuka perbatasan dan saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, sebab baginya yang paling aktif dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona adalah pemerintah desa di Kabupaten Mabar.

"Bagi saya kami buka (perbatasan), dan kami koordinasikan dengan camat, karena di kami yang semangat adalah desa, apakah perilaku, gaya atau kebiasaan baru dan dibonceng Covid-19 ini, jadi mereka bergaya, tapi yang saya senang mereka bergaya dengan Covid-19 itu," jelasnya.

Dalam koordinasi dengan pihak kecamatan, perbatasan dibuka dan dalam rapat bersama kapal yang mengangkut barang logistik dan sembako tidak ditahan.

Kemudian, untuk kendaraan penumpang, ditahan sementara dan diawasi, diteliti dan diperiksa agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Misalnya kendaraan hanya 50 persen dari kapasitas jalan, begitu lebih diturunkan. Jadi semuanya pada toleransi. Check point tetap, portal tetap dan ada posko untuk menjaga," ujarnya.

Ada 57 PMI, Gugus Tugas Kota Kupang Terapkan Protokol Covid-19

Diskusi Hangat di Kantor Bupati Ende, Menyimak Kesiapan New Normal Atau Malah PSBB

Posko Chek Point di Weri Pateng Tetap Berlanjut Bukan Untuk Tutup Akses Masuk & Keluar di Manggarai

Bupati Ende Djafar Achmad : Kalau Makin Banyak yang Positif Covid-19 Kita PSBB

Dijelaskannya, sesuai arahan dari Gubernur NTT, protokol kesehatan Covid-19 selalu dikedepankan di mana kepada para pelintas dilakukan pengecekan suhu tubuh, harus mengenakan masker, mencuci tangan dan lainnya harus dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona Covid-19.

"Petugasnya pun harus mengenakan APD," katanya.

Menurutnya, check point dan portal di perbatasan akan tetap ada hingga pandemi Covid-19 berakhir.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Assale Viana)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved