Renungan Harian Katolik

Novena Roh Kudus ( Hari III ), Doa Yesus : Ut Unum Sint; Semoga Mereka Bersatu

Renungan Harian Katolik, Hari Minggu Paska VII, Hari Komunikasi Sosial Sedunia Ke-54, Hari III Novena Roh Kudus, Minggu 24 Mei 2020

Dok pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Hari Minggu Paska VII, Hari Komunikasi Sosial Sedunia Ke-54, Hari III Novena Roh Kudus, Minggu 24 Mei 2020

Doa Yesus : Ut Unum Sint Semoga Mereka Bersatu (Yoh 17:1-11a)
Oleh : RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Dalam Injil Yohanes hari ini, Yesus berkomunikasi dengan Bapa-Nya dalam sebuah doa yang mendalam. Yesus berdoa bagi para pengikut-Nya supaya mereka satu, sama seperti Bapa dan Yesus adalah satu. Doa Yesus merupakan percakapan dari hati ke hati dengan Bapa-Nya, tanpa teks atau rumusan, hanya ada kehadiran I and Thou, Aku dan Engkau. Isinya menggarisbawahi isi hati-Nya tentang kesatuan serta pemuliaan antarpribadi, yakni Yesus memuliakan Bapa dan Bapa telah memuliakan Yesus.

Yesus menghendaki agar ada kesatuan yang mesra dalam setiap komunitas pengikut-Nya. Kesatuan kasih yang harus terwujud adalah hanya dalam sebuah komunikasi yang begitu mendalam yakni doa.

Doa adalah ungkapan komunikasi yang paling mendalam. Inilah bahasa komunikasi yang paling hebat, yang dimiliki oleh manusia. Dengan doa, manusia bisa berbicara dengan Tuhan yang agung, kapan saja dan di mana saja.

Doa bisa menjangkau siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Doa sungguh melampaui ruang, waktu, serta batas-batas ras, suku, dan status sosial.

Doa yang mendalam dan penuh iman akhirnya akan mengubah setiap orang dan dunia. Sungguh luar biasa kekuatan doa.

Setelah Yesus naik ke surga, ada gerakan para murid yang lebih sering berkumpul dalam persekutuan atau communio. Mereka meneruskan kabar baik Sang Kristus dengan bersatu sebagai saudara yang bertekun dalam doa dan tinggal bersama.

Kebersamaan para murid memang dikehendaki oleh Yesus. Yesus pun berdoa bagi para murid agar bersatu karena mereka masih ada di dunia ini, untuk melanjutkan karya keselamatan Allah bagi semua orang.

Hari ini Yesus mengajak kita para murid-Nya untuk tidak hanya berdoa bagi kepentingan diri sendiri dan keluarga kita. Yesus mengajak kita untuk berdoa juga bagi masyarakat, pemimpin negara, presiden kita, teman-teman kita di kantor, dan pemimpin kita.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved