Terkait Shalat Idul Fitri, Ini Imbauan Danrem 161 Wirasakti Kupang

Danrem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Syaiful Rahman mengimbau Umat Muslim untuk mengikuti ketentuan pemerintah

Terkait Shalat Idul Fitri, Ini Imbauan Danrem 161 Wirasakti Kupang
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Danrem 161 Wirasakti Brigjen TNI Syaiful Rahman

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang ( Danrem 161 Wirasakti Kupang) Brigjen TNI Syaiful Rahman mengimbau Umat Muslim untuk mengikuti ketentuan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah. Hal tersebut, semata mata untuk kemaslahatan bersama masyarakat. 

Dalam memasuki suasana Hari Raya Idul Fitri, kata Danrem Syaiful, umat muslim harus membawa suasana yang lebih baik terutama jika dikaitkan dengan wabah covid-19 di NTT yang semakin meningkat.

Ketua PWNU NTT : Ikut Anjuran Pemerintah Shalat Id di Rumah Bagian Jihad Membela Negara

Dengan tren peningkatan pasien covid-19 di NTT, maka umat harus menyesuaikan dengan Surat Edaran MUI Provinsi NTT yang sudah mengacu kepada Fatwa MUI Pusat yaitu melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing.

"Kami menghimbau agar masyarakat melaksanakan ketentuan tersebut, tidak ada maksud lain hanya untuk kemaslahatan masyarakat," ujar Brigjen Syaiful kepada POS-KUPANG.COM pada Kamis (21/5/2020).

Camat Omesuri Pastikan Kantor Desa Balauring Sudah Dibuka

Selain menghimbau masyarakat untuk mengikuti ketentuan pemerintah terkait shalat Idul Fitri di rumah, Danrem juga mengimbau masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan. 

"Kami juga menghimbau masyarakat untuk menegakkan ketentuan protokol kesehatan di semua tempat dan kegiatan dengan selalu menjaga jarak, memakai masker dan senantiasa cuci tangan," ujar Danrem. 

"Jangan abaikan hukum alam ini, kalau kita lawan maka akan berakibat tentunya kepada diri sendiri dan berakibat juga bagi orang lain," tambah Jenderal TNI bintang satu itu. 

Ia mengatakan, aparat TNI dari satuan hingga wilayah siap untuk mengamankan suasana Idul Fitri bersama dengan stakeholder lainnya.  

"Kami aparat Korem, Kodim, Koramil sampai dengan Babinsa siap mengamankan suasana Hari Raya Idul Fitri ini untuk tetap hikmat dan membawa kebaikan bagi masyarakat," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT dalam surat edaran terkait pelaksanaan Idul Fitri tahun 2020 menghimbau agar pelaksanaan Shalat idul fitri tetap dilaksanakan di rumah dengan keluarga inti.

Selain itu, himbauan untuk menjaga kebersihan sesuai protokol kebersihan, pelaksanaan sosialisasi dan edukasi percepatan pencegahan wabah covid 19 serta membangun solidaritas/ aksi tanggap darurat covid 19 dengan bekerjasama dengan berbagai unsur dengan membagi masker, hand sanitizer, penyemprotan dan pembagian sembako.

Umat dan masyarakat juga diimbau untuk tidak bepergian keluar rumah, bersilaturahmi/jabat tangan (tradisi idul fitri) dan mudik bagi PNS dan terus mengikuti perkembangan penyebaran virus corona dan mematuhi imbauan, instruksi pemerintah pusat dan daerah.

Bagi yang berstatus ODP, PDP, OTG wajib karantina mandiri dan melaporkan ke petugas bagi yang terindikasi terpapar virus Corona serta terus berikhtiar dan berdoa untuk keselamatan Bangsa dan Negara agar musibah ini cepat berlalu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved