News

Satu PDP Covid-19 dirawat di RSUD Ben Mboi Ruteng Sembuh, Lodovikus: Dia Rujukan dari RS Cancar

Pasien PDP yang dinyatakan sembuh ini merupakan warga Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).Pasien ini masuk RS Cancar tanggal 30 April 2020

Robert Ropo
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D Moa 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Robert Ropo

POS KUPANG, COM, RUTENG - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirujuk dari Rumah Sakit St Rafael Cancar dan dirawat di Ruang Isolasi RSUD Ben Mboi Ruteng dinyatakan sembuh.

Demikian, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa kepada Pos Kupang, Selasa (19/5) siang.

Lodovikus yang akrab disapa Lodi, menjelaskan, PDP yang sembuh ini masuk Rumah Sakit tanggal 5 Mei 2020 pukul 13.00 Wita, pasien rujukan dari RS St Rafael Cancar dan dirawat di Ruang Isolasi RSUD Ben Mboi Ruteng.

Pasien PDP yang dinyatakan sembuh ini merupakan warga Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Pasien ini masuk RS Cancar tanggal 30 April 2020 dengan keluhan mencret dan nyeri perut, kemudian tanggal 1 Mei 2020 pasien sesak nafas dan batuk.

"Satu Minggu sebelum masuk RS, pasien ke Lembor, sekitar 3 jam di Lembor. Di RS Cancar, dilakukan Rapid Test pada tanggal 1 Mei dan 2 Mei 2020 hasilnya non reaktif. Kemudian tanggal 5 Mei 2020 kembali dilakukan Rapid Test hasilnya IgG negatif, IgM positif samar," jelas Lodi.

Saat di RS Cancar, sudah dilakukan pemeriksaan Lab dan rontgen paru dan hasil Pneumoni. Di RSUD Ruteng pasien tersebut kembali dilakukan pemeriksaan lab hasilnya lebih memburuk dari yang di RS Cancar, rontgen paru juga lebih memburuk dari yang di RS Cancar dan Rapid Test hasilnya reaktif.

Hasil diagnoas pasien itu Pneumonia Berat sehingga pasien itu dikategorikan sebagai PDP dan langsung dirawat di ruang Isolasi RSUD Ben Mboi Ruteng. Diagnosa Pneumonia Berat.

Kini PDP tersebut telah sembuh, sejak Senin (18/5). Juga sudah dilakukan Rapid Test dan hasilnya non reaktif atau negatif sehingga dinyatakan sembuh.

Data Covid-19 hingga, Senin (18/5) pada pukul 20.00 Wita, jumlah Pelaku Perjalanan yang sudah diperiksa di Manggarai sebanyak 4.101 orang, dengan rincian 75 orang dalam masa isolasi mandiri, 4.026 orang selesai masa isolasi.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 80 orang. Dengan rincian 4 orang dalam masa pemantauan dan 80 orang selesai masa pemantauan.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 3 orang, dengan rincian 1 orang dinyatakan sembuh rujukan dari RS St Rafael Cancar, 1 orang dalam pengawasan dan 1 orang meninggal dunia tanggal 3 Mei 2020.

Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG), katanya, 1 orang, OTG ini memiliki riwayat kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19. Sedangkan Pasien Positif Covid-19 sebanyak 1 Orang yang kini sedang diisolasi dan dijaga secara ketat di Gedung Wisma Atlet Golo Dukal. *

Penulis: Robert Ropo
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved