Pemegang Suket PRR Diimbau untuk Segera Mengambil KTP di Dinas Dukcapil Kota Kupang

Banyak warga Kota Kupang yang belum mencetak dan mengambil kartu tanda penduduk di Dinas Dukcapil Kota Kupang

POS-KUPANG.COM/Intan Nuka
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang Agus Ririmasse saat ditemui wartawan usai video konferensi bersama Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, Senin (18/5/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kendati telah melakukan Print Ready Record ( PRR), banyak warga Kota Kupang yang belum mencetak dan mengambil kartu tanda penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang ( Dukcapil Kota Kupang).

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Kupang Agus Ririmasse saat melakukan video konferensi bersama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Senin (18/5/2020).

"Pertama, saya menyampaikan permohonan maaf karena PRR dan Suket Kota Kupang masih tinggi. Meski telah diumumkan, banyak masyarakat belum mau datang mencetak ktp," lapor Agus.

ASN Berkantor Kembali, Pemda TTS Tetap Berlakukan Shift dan Protokol Kesehatan

Saat ditemui wartawan, Agus menjelaskan bahwa jumlah warga Kota Kupang yang telah melakukan PRR sebanyak 12.365 jiwa dan Suket sebanyak 2000-an jiwa. Namun, permasalahan yang dialami oleh Dinas Dukcapil Kota Kupang ialah banyaknya warga yang belum mau mengambil dan mencetak KTP.

Karena jumlah blanko yang tersisa berjumlah 6.000 blanko, maka pihaknya pun memprioritaskan pencetakan KTP bagi warga yang benar-benar membutuhkan KTP, seperti anak-anak yang baru berusia 17 tahun dan melakukan perekaman, anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan baik kuliah atau masuk TNI/Polri dan sekolah kedinasan lainnya.

Bupati Agustinus Niga Dapawole Launching Penyaluran BST

"Kami berpikir, apabila kami mencetak PRR yang siap cetak itu tapi tidak diambil oleh mereka, maka akan berpengaruh terhadap blanko nanti. Blanko, kami cetak, tapi orangnya tidak datang ambil. Padahal, di sisi lain, masih ada masyarakat yang membutuhkan," papar Agus.

Ia pun akan mengambil langkah strategis, yakni mencetak semua KTP dari PRR dan Suket yang ada. Sehingga, warga Kota Kupang yang telah melakukan perekaman diimbau untuk mengambil KTP yang telah siap cetak di Disdukcapil Kota Kupang.

"Nanti pegawai umumkan, kalau mereka datang ambil, kami berikan. Kalau mereka tidak datang ambil, kami akan tugaskan petugas dukcapil untuk antar ke rumah-rumah," tegasnya.

Ia berujar, pendistribusian KTP akan dilakukan sebaik mungkin agar masyarakat mendapatkan seluruh administrasi kependudukan tersebut.

Dalam video konferensi tersebut, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh meminta Disdukcapil Kota Kupang untuk tidak menerbitkan suket baru, tapi terus mengumumkan agar masyarakat yang telah melakukan perekaman untuk mengambil KTP.

"Infrastruktur kita sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu, sehingga semua yang rekam bisa langsung dicetak dalam waktu 30 menit dan bisa selesai. Diumumkan terus ya bahwa Kota Kupang akan terus melakukan pencetakan," terang Zudan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved