Bantu Masyarakat saat Pandemi Covid-19, Stasiun KPIM Kupang Bagi Ikan Segar

Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan ( KIPM) Kupang menyerahkan bantuan Ikan segar untuk warga Kota Kupang

STIMEWA/Dok. Humas Stasiun KIPM Kupang
Penyerahan secara simbolis ikan dan bahan olahan ikan di Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM Kupang, Jumat (15/5/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) melalui Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan ( KIPM) Kupang menyerahkan bantuan Ikan segar untuk warga Kota Kupang, Jumat (15/5/2020). 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk  membantu masyarakat saat pandemi Covid-19 dan bagian dari rangkaian Bulan Mutu Karantina 2020.

BPJamsostek Ende Bantu Masker, Handsanitizer dan Disinfektan Untuk Gugus Tugas Covid-19

Kepala Stasiun KIPM Kupang, Jimmy Y Elwaren, S.St.Pi, menyebutkan ikan dapat membantu sistem imun di dalam tubuh yang sangat bermanfaat saat pandemik Covid-19 karena ikan merupakan sumber protein dan memiliki kandungan omega 3 yang tinggi.

"KPIM mengajak masyarakat untuk bersama melawan Covid-19 dengan mengkonsumsi ikan sehat dan bermutu," kata Jimmy dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM .

Cegah Covid-19, Masyarakat Ngada Diminta Jangan Mudik

Oleh karena itu, tambah Jimmy, dalam rangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2020, KKP kembali menyalurkan bantuan ikan sehat bermutu untuk masyarakat terdampak COVID-19. Kegiatan yang sama  dilaksanakan di 47 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai KIPM di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka bulan mutu karantina dan atas arahan Pak Menteri membagikan ikan sehat dan bermutu kepada masyarakat," ujar Jimmy.

Jimmy menjelaskan ada 1.500 paket untuk seluruh NTT, untuk tahap pertama sebanyak 600 paket di Kota Kupang, sisanya di Kabupaten Timor tengah Selatan dan Kabupaten Sikka. Paket bantuan ini dibeli dari nelayan dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) perikanan sebagai bentuk kepedulian membantu meringankan beban akibat COVID-19.  

“Ada oversupplay ikan dan produk olahan ikan, kami coba menyerap ini untuk bisa membantu nelayan dan pelaku UKM perikanan. Kami jadi fasilitator perpindahan barang dan jasa dari masyarakat untuk masyarakat” jelas Jimmy. 

Jimmy juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Anggota Komisi IV DPR RI asal Daerah Pemilihan NTT yaitu Yohanis Fransisikus Lema, Edward Tanur dan Julie Sutrisno Laiskodat.

Penyerahan bantuan secara simbolis disampaikan oleh Kepala Stasiun KIPM Kupang kepada sejumlah Ketua RT dan RW dan disaksikan Tim Ahli DPR RI, Chikco Hurek Making, yang hadir mewakili anggota DPR RI Komisi IV, Yohanis Fransiskus Lema.  

Penerima bantuan di Kota Kupang tersebar di Kelurahan Belo, Penfui, Liliba, Oesapa , Oesapa Selatan, Kelapa Lima, Fatululi, Nunleu, Tode Kisar, dan Oeba.

"Ikan yang dibagikan ini ikan kombong yang masih segar dan kualitasnya bagus. Selain itu, produk olahan ikan dalam bentuk nuget ikan dan abon ikan. Saya harap ikan bantuan ini terdistribusikan dengan baik dan bisa membantu masyarakat terdampak COVID-19," pungkas Jimmy.

Seperti diketahui, pada Rabu (22/4/2020), Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meresmikan program Bulan Mutu Karantina 2020. Program ini akan digelar di 47 UPT BKIPM di 34 provinsi hingga 30 Juni 2020. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved