Pemda Sumba Barat Siap Umumkan Data Penerima BLT Kepada Publik

Pemerintah Kabupaten Sumba Barat siap mengumumkan ke publik data warga penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT)

POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
PMD Sumba Barat, Jefry Dapamerang berkunjung ke salah satu desa di Sumba Barat. 

Pemda Sumba Barat Siap Umumkan Data Penerima BLT Kepada Publik

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK--Pemerintah Kabupaten Sumba Barat siap mengumumkan ke publik data warga penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai dampak pandemi Covid-19.

Dinas teknis, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat tidak berniat sedikitpun untuk menutup-nutupi data penerima bantuan langsung tunai kepada masyarakat.

Semua data penerima bantuan langsung tunai baik dari pusat, provinsi dan kabupaten akan dipublikasikan ke publik baik melalui media sosial dan juga secara manual daftar nama penerima BLT akan ditempel di 63 kantor desa se-Kabupaten Sumba Barat. Dengan demikian, masyarakat dapat mengaksesnya.

Saat ini, Dinas PMD dan Dinas Sosial Sumba Barat sedang memvalidasi data penerima BLT antara pusat, provinsi dan desa agar tidak terjadi pendobelan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) , Jefry Dapamerang menyampaikan hal itu secara terpisah kepada POS-KUPANG.COM, Jumat (8/5/2020) dan Sabtu (9/5/2020).

Menurut Semuel Dato Mesa, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial RI telah mengalokasikan anggaran Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk Kabupaten Sumba Barat sebanyak 4.884 orang. Besaran BST tersebut Rp 600.000/bulan selama tiga bulan terhitung April 2020 hingga Juni 2020.

Selain itu, Kementerian Sosial RI juga mengalokasikan program bantuan pangan non tunai yang selama ini sebesar Rp 150.000/bulan menjadi Rp 200.000/bulan akibat dampak virus corona untuk 12.784 jiwa dan juga program PKH yang selama ini diterima 3 bulan sekali menjadi setiap bulan untuk 12.820 jiwa.

Jefry Dapamerang mengatakan, sampai saat ini baru menerima data calon penerima BLT Dana Desa (BLT SD) 15 desa dari 63 desa se-Kabupaten Sumba Barat.

Harapannya minggu ini, semua data warga calon penerima BLT dari 63 desa diterimanya. Karena itu, seluruh desa segera merampungkan data tersebut agar secepatnya diserahkan ke Dinas PMD Sumba Barat.

Menurutnya, saat ini, sedang menunggu data penerima bantuan langsung tunai dari Provinsi NTT untuk dilakukan verifikasi agar tidak terjadi pendobelan penerimaan BLT di daerah ini.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Sumba Barat terkait data penerima BLT dari Provinsi NTT. Data tersebut sangat penting guna mengecek nama-nama penerima BLT provinsi agar tidak tercantum lagi sebagai penerima BLT dana desa Kabupaten Sumba Barat

Bila semua data warga penerima BLT dari 63 desa se-Kabupaten Sumba Barat sudah rampung, kata Jefry, maka pihaknya akan mengumumkan ke publik dengan menempel daftar nama penerima BLT tersebut di 63 kantor desa se-Sumba Barat.

Update Corona Sikka : 87 Pelaku Perjalanan Sedang Jalani Karantina di SCC & Kantor Dinas Pariwisata

Ini Langkah Dinas Kesehatan Sikka Antisipasi Membludaknya Pasien Positif Covid di Sikka

Rumah Terbakar, Yunita Alami Kerugian Diperkirakan Hingga 50-an juta ke atas

Hal itu sangat penting demi membangun transparansi penyelenggaraan pemerintahan, terutama berhubungan dengan bantuan bagi rakyat miskin daerah ini. Karenanya transparansi data penerima BLT harus diumumkan ke publik agar masyarakat bisa mengontrolnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved