Kenali Tanda dan Penanganan Disleksia pada Anak yang Perlu Kita Ketahui

kesulitan belajar seperti disleksia seringkali menjadi frustasi dan tidak dapat mengikuti proses belajar di sekolah karena kesulitan membaca

dok. DAS
Ilustrasi Ayah menemani anak belajar 

Kenali Tanda dan Penanganan Disleksia pada Anak yang Perlu Kita Ketahui 
 
POS-KUPANG.COM--Kenali Tanda dan Penanganan Disleksia pada Anak yang Perlu Kita Ketahui 

Bila dapat menyelesaikan tugas dan mengikuti pelajaran di sekolah maupun di rumah dengan tepat waktu dan mudah, maka buah hati kita akan semakin percaya diri.

Namun di sisi lain, anak yang mengalami kesulitan belajar seperti disleksia seringkali menjadi frustasi dan tidak dapat mengikuti proses belajar di sekolah karena kesulitan membaca, mengeja, dan menulis.

Bisa jadi nantinya sekolah justru menjadi mimpi buruk bagi anak-anak dengan disleksia.

Tanpa disadari, anak dengan kesulitan belajar sering merasa tidak diinginkan di sekolah bahkan di sistem pendidikan modern karena masih banyak yang belum paham tentang disleksia.

Berdasarkan data Dyslexia Association of Singapore (DAS), diperkirakan ada sekitar 10 persen dari total populasi dunia menderita disleksia.

Sehingga, tidak jarang kita akan menemui anak-anak yang mengalami kesulitan belajar akibat disleksia.

Disleksia adalah perbedaan proses belajar yang membuat penyandangnya mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan/atau mengeja.

Anak-anak dengan disleksia mungkin lemah dalam proses mempelajari tata bahasa, memori, dan mengurutkan suatu rangkaian.

Disleksia dapat dikenali dengan tanda-tanda seperti kesulitan membedakan huruf yang mirip seperti b/d atau p/q, kesulitan mengurutkan huruf menjadi rangkaian kata, menafsirkan "pesawat" sebagai "sepawat" atau "buku" sebagai "kubu", atau pengurangan huruf dalam kata-kata, seperti membaca "terbang" sebagai "terang".

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved