BBPP KUPANG

Masa WFH Widyaiswara BBPP Kupang Tetap Produktif Membuat Olahan Mie Dari Wortel.

satunya adalah olahan dari wortel, wortel menjadi salah satu pilihan lantaran mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan.

Dokumen BBPP Kupang
Pengolahan Hasil di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang telah mengembangkan serta membuat diversifikasi produk dari wortel yaitu Mie wortel 

Masa WFH Widyaiswara BBPP Kupang Tetap Produktif Membuat Olahan Mie Dari Wortel.

POS-KUPANG.COM--Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini penting untuk membentengi tubuh kita di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Nutrisi pada makanan sehat dapat membantu tubuh untuk tetap bugar dan memaksimalkan kerja organ. Makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin C, B6, E. salah satunya adalah olahan dari wortel, wortel menjadi salah satu pilihan lantaran mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan.

Tak hanya bergizi tinggi, wortel juga kaya serat, Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Begitu banyak manfaat dari wortel, dalam pengolahannyapun tidak terlalu sulit. wortel yang mudah ditanam dan sangat mudah diperoleh, hal inilah yang dapat kita jadikan potensi sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Beraneka ragam olahan wortel kini banyak kita temui dengan bentuk dan rasa yang variatif serta menyehatkan seperti mie wortelr, serbuk instan wortel, tepung wortel, coklat wortel, es krim wortel, stik wortel dll.

Hal ini sejalan dengan rencana kerja Kementerian Pertanian mengenai peningkatan diversifikasi pangan dan ketahanan pangan dengan mengoptimalkan sumberdaya lokal. Salah satunya adalah tanaman kelor yang kaya akan vitamin dan mineral.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan berpesan bahwa “Adanya musibah wabah Covid-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor”, ungkap mentan Pertanian tidak berhenti dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar lebih baik, dimana sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yaitu Prof. Dedy Nursyamsi menegaskan bahwa “Masalah pangan adalah masalah yang sangat utama, hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm, tapi mampu menuju ke off farm, terutama pasca panen dan olahannya”.

Ir. Wiwiek Yuniarti Costa Widyaiswara Pengolahan Hasil di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang telah mengembangkan serta membuat diversifikasi produk dari wortel yaitu Mie wortel, dengan resep yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang dapat digunakan oleh masyarakat secara luas sebagai alternatif potensi bisnis dalam meningkatkan ketahanan pangan ditengah terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia akhir-akhir ini.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved