Manfaatkan Relaksasi Pelaporan Secara Online

Ditjen Pajak (DJP) telah menyediakan saluran elektronik bagi WP yang ingin mendapatkan relaksasi penyampaian SPT tahunan tahun pajak 2019

PK/Yen
TAMPAK DEPAN -- Tampak depan KPP Pratama Kupang, Kamis (16/4/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Ditjen Pajak (DJP) telah menyediakan saluran elektronik bagi wajib pajak (WP) yang ingin mendapatkan relaksasi penyampaian SPT tahunan tahun pajak 2019 sebelum 30 April 2020.

Hal ini disampaikan DJP dalam Siaran Pers No.SP-16/2020 berjudul `Relaksasi Penyampaian Dokumen Kelengkapan SPT Tahunan Tahun Pajak 2019' yang dipublikasikan pada beberapa waktu lalu. Relaksasi diberikan untuk meringankan beban WP menyiapkan SPT tahunan di tengah adanya pandemi Covid-19.

Sebelum aplikasi relaksasi SPT tersedia di laman DJP Online, wajib pajak dapat mengajukan permohonan melalui surat elektronik, jasa ekspedisi dan pos kepada KPP terdaftar. Dengan tersedianya layanan di DJP Online maka otoritas tidak akan menerima permohonan yang diajukan via email dan jasa pos.

Telkomsel Hadirkan Asset Performance Management, Apa Saja Manfaatnya?

Kepala KPP Pratama Kupang, Moch Luqman Hakim di Kupang, Selasa (28/4) menyatakan modul permohonan sudah tersedia online.

"Modul pemberitahuan itu sudah tersedia pada menu Layanan Info Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) yang ada di DJP Online. Dengan demikian, pengajuan pemberitahuan bisa dilakukan secara elektronik atau online," ujar Luqman.

Di Kupang, Harga Cabai Rawit Melonjak Drastis

Kebijakan relaksasi ini diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak No.06 /PJ/2020 tertanggal 17 April 2020 tentang Tata Cara Penyampaian, Penerimaan dan Pengolahan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan Tahun Pajak 2019 Sehubungan dengan Pandemi Coronavirus Disease 2019.

Pertama, penandatanganan SPT tahunan PPh.

Kedua, batas waktu penyampaian SPT tahunan PPh.

Ketiga, tata cara penyampaian SPT tahunan PPh.

Keempat, penyederhanaan kelengkapan keterangan dan/atau dokumen yang harus dilampirkan dalam SPT tahunan PPh. Kelima, penelitian SPT tahunan PPh yang dilakukan oleh DJP.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved