Gugus Tugas Covid -19 Temukan Dua Sopir Mobil yang Angkut Warga Timor Leste ke Mota'ain

Polri berhasil melacak dua sopir atau pengemudi mobil rental yang mengangkut warga Timor Leste dari Kupang ke Motaain

POS-KUPANG.COM/VEMMY
Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT. Jumat, 27/03/2020 

Gugus Tugas Covid -19 Temukan Dua Sopir Mobil yang Angkut Warga Timor Leste ke Mota'ain

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Tim Gugus Tugas penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi NTT bekerjasama dengan TNI dam Polri berhasil melacak dua sopir atau pengemudi mobil rental yang mengangkut warga Timor Leste dari Kupang ke Motaain. Warga Timor Leste ini dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius,M.Si pada siaran langsung /facebook live dari facebook Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum, Valeri Guru, S.Sos, Minggu (19/4/2020 ) malam.

Turut hadir, Ike Mauboy dari Komunitas Tuli Kupang yang menerjemahkan dengan bahasa isyarat bagi disabilitas.

Menurut Marius, pemerintah mengapresi kepada tim gugus tugas penanganan percepatan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi NTT dan tim TNI dan Polri yang menemukan identitas dua driver atau pengemudi mobil rental yang membawa sejumlah warga negara asing (WNA) asal Timor Leste yang masuk Kupang beberapa pekan lalu.

“Terkait dengan sejumlah orang warga Timor Leste yang hingga tadi malam kami sampaikan kepada publik, hasil penelusuran kami bersama dengan teman-teman dari TNI Polri bahwa sejumlah warga negara Timor Leste yang dibawa dari Kupang tanggal 1 April 2020 yang lalu menuju Motaain. Kami sudah menemukan drivernya (pengemudi). Ada 2 driver yang kiranya esok hari ini Senin, 20 April 2020 pukul 09.00 wita akan diadakan pemeriksaan cepat atau rapid test rencananya yang berlangsung di Rumah Sakit Naibonat,” kata Marius yang juga sebagai juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT.

Marius berharap dengan ditemukannya 2 driver rental mobil ini semakin banyak data dan informasi yang bisa digali dan didapat tim gugus tugas Covid-19.

“Kita akan menggali informasi lebih banyak dari kedua beliau ini. Sehingga kita dapat menelusuri riwayat perjalanan warga Timor Leste yang berangkat tanggal 1 April 2020 menuju Atambua dan selanjutnya mereka menuju Motaain dari Motaain ke Batu Gede dan melanjutkan perjalanan ke Dili Timor Leste,” jelas Marius.

Dia mengatakan, warga Timor Leste itu tiba di Kupang dengan Pesawat Lion Air tanggal 31 Maret 2020 dan mereka menginap di Kupang. Kemudian keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke Motaain.

"Kita juga akan telusuri di mana mereka menginap apakah di hotel atau di rumah keluarga. Esok akan ditelusuri lebih lanjut dan pada tanggal 2 April 2020 mereka juga menginap di Atambua dan sebelumnya dalam perjalanan menuju Atambua mereka sempat makan malam di salah satu rumah makan di Kefamenanu,TTU.” katanya.
Dikatakan, dirinya juga telah melakukan kontak per telepon dengan Duta Besar RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus di Dili Timor Leste.

“Terkait hal ini kami sudah berkoordinasi dengan Duta Besar Republik Indonesia di Dili dan beliau juga sudah menginformasikan warga negara Timor Leste yang terpapar virus Corona dan sudah memberitahukan juga kepada Menteri Luar Negeri kita dan juga Menteri Kesehatan. Bapak Duta Besar berjanji akan secepatnya juga memberitahukan hal itu kepada kita semua di Kupang,” kata Marius.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved