Corona di NTT

Update Corona NTT : Hingga Rabu Siang, RS Siloam Rujuk Tiga Pasien Ke RSUD Prof Johannes Kupang NTT

protap standar (SOP) rumah sakit merujuk pada protokol kesehatan penanganan Covid-19 (Virus Corona) sesuai standar Kementerian Kesehatan RI.

POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Pembatasan kunjungan menyebabkan pengalihan akses masuk di RS Siloam Kupang. Foto diambil pada Rabu (1/4/2020). 

Update Corona NTT : Hingga Rabu Siang, RS Siloam Rujuk Tiga Pasien Ke RSUD Prof Johannes Kupang NTT

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Menghadapi pandemi Virus Corona, Rumah Sakit (RS) Siloam Kupang menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 (Virus Corona) sesuai standar Kementerian Kesehatan RI. 

Selain menyediakan ruang isolasi mandiri, RS Siloam Kupang menjalankan protokol screening (penapisan) untuk calon pasien yang masuk di rumah sakit swasta tersebut. 

Pada Rabu (1/4/2020) siang, RS Siloam merujuk tiga pasien dengan kriteria pasien dalam pengawasan (PDP) ke RSUD Prof Johannes Kupang sebagai rumah sakit rujukan emerging disease. 

"Setiap hari ada yang kita rujuk. Hari ini sampai siang kita rujuk tiga pasien ke RSUD Prof Johannes Kupang sebagai rumah sakit rujukan," ungkap Direktur RS Siloam Kupang dr Hans Lie kepada POS-KUPANG.COM pada Rabu (1/4/2020). 

dr Hans Lie menjelaskan, hal tersebut merupakan protap standar (SOP) rumah sakit merujuk pada protokol kesehatan penanganan Covid-19 (Virus Corona) sesuai standar Kementerian Kesehatan RI. 

Ia menjelaskan, setiap pasien yang mengakses layanan medik ke RS Siloam akan mengalami screening (penapisan pasien) sebagai langkah awal dalam penanganan medik. Jika menunjukkan gejala atau memenuhi kriteria sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19, maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang siap untuk penanganan didampingi oleh nakes yang menggunakan alat pelindung diri (ADP).

"Saat kita lakukan penapisan (screening), kemudian misalnya ada riwayat perjalanan dari luar daerah atau dengan gejala Covid-19 maka akan kita lakukan pemeriksaan lengkap kemudian kita arahkan ke rumah sakit rujukan setelah diperiksa lengkap," ujar dr Hans Lie. 

Di rumah sakit rujukan, lanjutnya, akan dilanjutkan dengan penanganan medik sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti dilakukan swab atau rapid test. 

Ia mengimbau masyarakat untuk terus melakukan langkah langkah pencegahan seperti sering cuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker bila batuk atau pilek serta mengkonsumsi gizi seimbang dan perbanyak makan sayur dan buah.

Ditengah Wabah COvid-19, JNE Masih Kirim Barang Bahkan ke Kota yang Karantina Lokal

Mengapa Pemakaman Jenazah Virus Corona Dilakukan SOP Ketat? Ini Penjelasan Ahli Paru, dr.Erlina

Alasan Rocky Gerung Sebut Dokter Tirta Konyol, Hersubeno Arief Sindir Caci Maki Presiden Jokowi

Selain itu juga berhati-hati jika kontak dengan hewan, rajin melakukan olahraga dan istirahat cukup serta tidak mengkonsumsi daging yang tidak dimasak. Ia juga menyarankan, apabila mengalami batuk, pilek dan sesak napas maka sebaiknya segera ke fasilitas kesehatan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong )

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved