Breaking News:

Dinas Peternakan Kupang Jamin Pemeliharaan Ternak Babi Sudah Bisa Dilakukan

Dinas Peternakan Kabupaten Kupang memberikan jaminan bahwa pemeliharaan ternak babi sudah bisa dilakukan kembali oleh warga.

Dinas Peternakan Kupang Jamin Pemeliharaan Ternak Babi Sudah Bisa Dilakukan
POS KUPANG.COM/EDY HAYONG
Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Peternakan Kupang, Lecky Matte.

Dinas Peternakan Kupang Jamin Pemeliharaan Ternak Babi Sudah Bisa Dilakukan

POS-KUPANG.COM I OELAMASI---Dinas Peternakan Kabupaten Kupang memberikan jaminan bahwa pemeliharaan ternak babi sudah bisa dilakukan kembali oleh warga.

Pasalnya, virus Afrika yang beberapa bulan lalu sempat meresahkan warga di Kabupaten Kupang kini sudah mulai menghilang. Apabila warga  yang memiliki ternak babi masih menemukan ada gejala sakit pada ternak babi, maka segera disampaikan ke petugas guna diambil langkah penanganan segera.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Peternakan Kupang, Lecky Matte menyampaikan hal ini melalui Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak, Ir. Deny Tadoe kepada wartawan di Oelamasi, Selasa (31/3).

Deny menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir memang peternak babi di wilayah Kabupaten Kupang resah dengan adanya virus Afrika yang menyerang ternak babi.

Ada beberapa kecamatan, katanya, total ternak babi yang mati cukup banyak. Kondisi ini tentu berdampak pada ekonomi warga karena ada warga jumlah ternak babi yang mati mencapai puluhan ekor.

Dikatakannya, saat ini virus Afrika sudah mulai menghilang dan warga sudah bisa memelihara kembali ternak babi.

"Ini kan sejenis virus. Sekarang sudah mulai hilang dan warga sudah bisa pelihara kembali ternak babi. Kita kuatirkan itu kalau ada kuman yang serang babi maka itu patut diwaspadai. Karena ini virus yang sifatnya temporer maka warga tidak perlu kuatir," ujarnya.

Dirinya menambahkan, walau begitu, pihaknya hanya bisa menyampaikan soal kondisi terkini mengenai virus Afrika tersebut. Apabila ada warga yang masih trauma dan belum mau memeliharanya kembali ternak babi, itu hak warga.

"Untuk antisipasi kedepan sudah kita lakukan. Peralatan dan obat sudah kita siapkan. Apabila ada warga yang ternak babinya mengalami sakit maka segera laporkan ke dinas atau petugas kesehatan hewan terdekat. Kita akan siap lakukan penyuntikan," kata Deny.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved