Bank NTT Siap Relaksasi Pembayaran Bunga-Pokok untuk UMKM

Bank NTT memberikan relaksasi untuk pembayaran bunga dan pokok bagi UMKM yang mengalami dampak akibat merebaknya virus corona.

PK/Yen
Jumpa pers Jumat (26/3/2019) terkait OJK yang telah mengeluarkan peraturan nomor 11. Upaya yang dilakukan OJK bersama seluruh industri pelaku jasa keuangan menyikapi dunia usaha yang terdampak langsung atau tak langsung dengan menyebarnya covid-19 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -Bank NTT memberikan relaksasi untuk pembayaran bunga dan pokok bagi UMKM yang mengalami dampak akibat merebaknya virus corona.

"Memang ini persoalan kesehatan tapi mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Kalau tidak ditangani secara baik maka akan mengganggu seluruh kegiatan dan aktivitas yang ada di republik ini," kata Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Absalom Sine, dalam jumpa pers
di Aula Lantai V Bank NTT, Jumat (27/3).

Dia mengatakan, nasabah yang mengalami dampak akibat merebaknya virus corona ini bisa mengajukan surat permohonan, maka akan melakukan kajian, bisa sesuai maka diberikan keringanan sesuai dengan surat yang dikeluarkan.

Khususya di industri jasa keuangan dan perbankan, OJK telah mengeluarkan peraturan nomor 11. Upaya-upaya yang dilakukan OJK bersama dengan seluruh industri pelaku jasa keuangan bagaimana menyikapi dunia usaha yang terdampak baik langsung atau tidak langsung dengan menyebarnya covid-19," katanya.

Dari sisi kredit, kata Abe, Bank NTT tidak menutup mata terhadap musibah dengan adanya covid-19 yang dialami pelaku usaha. Namun sesuai regulasi oleh OJK atas nomor 11 sudah mengeluarkan kebijakan internal untuk menyikapi peristiwa ini.]

Diduga Melakukan Judi Taji Ayam, Kerumunan Massa Lari Berhamburan Digerebek Polisi dan Camat

Imbas terhadap Bank NTT, kata Direktur Utama Bank NTT, Izhak Eduard Rihi, sangat luar biasa. Target rencana bisnis berubah semua, pembayaran pokok, bunga ditunda sampai satu tahun. "Jadi berubah, sudah ada beberapa nasabah yang minta seperti itu. Ekonomi sudah mulai down, sehingga betul-betul imbasnya ke sektor ekonomi," ujarnya.

Ia mengatakan OJK sudah memberikan regulasi untuk membantu masyarakat. Jadi Bank harus melakukan itu, laporan keuangan dipending hingga dua bulan. Dengan melonggarnya ini, diharapkan penilaian terhadap perbankan bisa semakin fair dalam kondisi ini.

Namun, lanjutnya, untuk pinjaman daerah tidak berpengaruh, proses pencairan tetap dijalankan.

Buka Donasi

Menyikapi wabah pandemik Covid-19 dan berhubungan dengan kepedulian Bank NTT maka Bank NTT membantu sekedarnya. Bank NTT menyiapkan dana sebesar Rp275 juta, akan dialokasikan untuk membantu upaya-upaya pemerintah menangani virus. Sumbangan ini disampaikan dalam bentuk barang yang dibutuhkan untuk memperkuat tim medis dan pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved