Corona Virus di NTT

Update Covid-19 : DPRD NTT Setuju Anggaran Rp 104 M Untuk Tangani Virus Corona

DPRD NTT telah menyetujui anggaran untuk percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di NTT sebesar Rp 104 mi

Update Covid-19 : DPRD NTT Setuju Anggaran Rp 104 M Untuk Tangani Virus Corona
istimewa
Dr Ince D.P Sayuna SH, M.Hum, M.KN

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - DPRD NTT telah menyetujui anggaran untuk percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di NTT sebesar Rp 104 miliar (M) Sebelumnya juga ada alokasi dana tanggap darurat Rp 5 M, sehingga total anggaran untuk penanganan Covid-19 di NTT sebesar Rp 109 M.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD NTT, Dr. Inche DP. Sayuna, S.H, M.Hum, M.Kn, Sabtu (28/3/2020).
Menurut Inche, dalam upaya mendukung pemerintah NTT untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta menangani Covid -19 di NTT, maka DPRD NTT telah memberikan persetujuan anggaran mendahului perubahan senilai Rp 104 M.

"Jadi dari Fraksi Partai Golkar, kami telah menerima instruksi partai untuk seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah serta fraksi Partai golkar pada setiap level tingkatan agar mendorong realokasi dan Refokusing anggaran untuk penanganan covid 19," kata Inche.

Dijelaskan, menindaklanjuti instruksi Partai tersebut, maka dari lembaga DPRD Provinsi NTT, pihaknya juga telah memberikan persetujuan kepada Gubernur NTT untuk menggunakan anggaran sebelum pembahasan perubahan anggaran yaitu sebesar 104 M.

"Sebelumnya sebenarnya sudah ada dana 5 M di pos bantuan tanggap darurat yang sudah kami tetapkan dalmm anggaran murni dan itu juga sudah digunakan oleh eksekutif untuk penanganan Covid -19," katanya.

Inche mengatakan, dengan persetujuan anggaran mendahului pembahasan perubahan APBD sebesar Rp 104 M dan juga adanya dana tanggap darurat Rp 5 M, maka total anggaran yang diperuntukan untuk penanganan Covid -19 di NTT sekitar Rp 109 M.

"Kami sungguh berharap eksekutif dapat menggunakan dana ini secara bijaksana dan bertanggungjawab, sehingga tepat guna dan tepat sasaran, teristimewa bagaimana membangun koordinasi dengan kabupaten dan kota yang ada di wilayah NTT," katanya.

Dia mengatakan, tentu pemerintah kabupaten dan kota juga telah melakukan politik anggaran yang sama, yakni dengan jumlah anggaran yang bervariasi sesuai kemampuan daerah masing-masing.
"Kita berharap kesiapan pemerintah untuk pencegahan dan penanganan Covid -19 ini bisa diantisipasi dengan baik dan masyarakat NTT tetap sehat serta merasa aman dan tenang," katanya.

Wakil Ketua DPRD NTT, Dr. Inche DP.Sayuna,S.H, M.Hum,M.Kn
Wakil Ketua DPRD NTT, Dr. Inche DP.Sayuna,S.H, M.Hum,M.Kn (istimewa)
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved